1200 GURU HONORER UNJUK RASA TUNTUT KESEJAHTERAAN

tribratanewswonosobo.com – Lebih dari 1200 pegawai honorer di lingkungan Pemkab Wonosobo berunjukrasa di depan Gedung DPRD Wonosobo, Senin (5/9) siang. Datang degan perwakilan dari seluruh kecamatan, mereka menuntut kenaikan kesejahteraan serta status kejelasan menjadi PNS. Kegiatan yang dikawal oleh Polres Wonosobo ini dimulai dengan long march dari Halaman Gedung Sasana Adipura menuju DPRD Wonosobo. Disana massa kemudian melakukan orasi sambil membentangkan tulisan tentang buruknya kesejahteraan guru honorer.

‘Sumpah..Gajiku mung 250.000 tok’ ataupun ‘Absen Pol, Gaji Nol’ tulis para pengunjuk rasa di spanduk tuntutan mereka.Hingga akhirnya, setelah melakukan aksi selama lebih dari 2 jam, perwakilan para pengunjuk rasa diterima anggota DPRD Wonosobo.

WhatsApp Image 2016-09-06 at 09.17.05

Di hadapan Komisi D DPRD Wonosobo, perwakilan massa mengungkapkan kekecewaannya terhadap pemerintah kabupaten karena tidak memikirkan nasib guru honorer. “Banyak dari mereka yang sudah mengabdi lebih dari 20  tahun. Namun pada kenyataannya kesejahteraan mereka sama sekali tidak diperhatikan pemerintah. Gajinya rata-rata hanya Rp. 300.000,-. Jumlah ini bahkan lebih sedikit dari buruh cuci,” ucap salah seorang perwakilan aksi. “Oleh karena itu kami menuntut pemerintah daerah untuk menaikkan anggaran untuk menggaji kami. Paling tidak dalam APBD perubahan dicantumkan penambahannya. JIka tidak dipenuhi, maka kami akan mogok mengajar. Agar pemerintah tahu betapa berartinya peran kami dalam proses pendidikan terutama di wilayah terpencil,” lanjutnya.

WhatsApp Image 2016-09-06 at 11.01.55

Mendengar tuntutan tersebut, anggota Komisi D DPRD Wonsoobo bersama Wakil Bupati Wonosobo kemudian bersepakat untuk memenuhi tuntutan para pengunjuk rasa. “Bukan hanya naik di APBD perubahan, namun akan kami cantumkan pula kenaikan di APBD tahun mendatang,” kata Wakil Bupati yang disambut tepuk tangan dari para perwakilan guru honorer.

Massa akhirnya membubarkan diri pukul 13.30 Wib dibawah pengawalan aparat Polres Wonosobo. Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum. menyampaikan apresiasinya kepada seluruh oengunjuk rasa. “Kami ucapkan terima kasih kepada para pengunjuk rasa sekalian karena telah melakukan aksi dengan aman dan tertib. Silahkan kembali ke rumah masing-masing dengan hati-hati. Semoga selamat sampai tujuan,” kata Kapolres saat massa membubarkan diri.

WhatsApp Image 2016-09-06 at 09.17.06

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. cpns kemenag 2017
  2. Dungeon
  3. seedboxes

Comments are closed.