6 Ekor Kambing Dan Hewan Ternak Lainnya Ikut Terpanggang Ketika Si Jago Merah Melahap Rumah Pak Slamet

Enam ekor kambing serta 9 ekor kelinci dan beberapa hewan ternak lainnya ikut terpanggang ketika si jago merah melahap/membakar rumah milik Bp. Slamet Riyanto warga Dukuh Buntu 3/3 Desa Deroduwur Kecamatan Mojotengah, Minggu (13/8/2017) siang. Api berasal dari tungku dapur yang lupa di matikan.

Kapolsek Mojotengah Polres Wonosobo Jateng AKP Ismanta, SH menerangkan, kejadian diperkirakan sekitar pukul 11.15 wib, pada saat rumah kosong. Istri korban, Sumiyati, sebelum peristiwa kebakaran terjadi sempat memasak menggunakan tungku dari kayu di dapur bangunan semi permanen, kemudian ditinggal mencuci pakaian yang jaraknya sekitar 15 meter dari rumahnya tanpa mematikan tungku tersebut.

“Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong karena di tinggal ke ladang, dan istrinya mecuci pakaian yang jaraknya sekitar 15 meter dari rumahnya. Namun, sebelum pergi mencuci istri korban memasak menggunakan tungku dan ditinggal begitu saja tanpa di matikan dulu. Setelah mendengar teriakan dari warga dia baru sadar kalau rumahnya sudah terbakar” Terang AKP Ismanta.

Kebakaran awal mula diketahui Sdr. Wonodi tetangga korban, pada saat melintas tidak jauh dari tempat kejadian melihat kepulan asap tebal dan kobaran api, lantas Wonodi berteriak yang di dengar oleh Sdr. Pawit dan warga lainnya, seketika itu bersama sama berusaha memadamkan api. Namun usaha warga tidak begitu membuahkan hasil, karena memadamkan api dengan alat sedrehana. Alhasil, hewan ternak dan harta benda korban ludes terbakar yang menyisakan beberapa helai pakaian saja.” Imbuh Ismanta.

Bukan itu saja, lanjut Ismanta, Api yang menyala sekitar 20 menit itu juga melalap sebelah kanan dan kiri serta belakang rumah korban. Walaupun tidak begitu parah, namun juga sempat membuat syok pemiliknya karena kalau tidak di bantu warga rumah tempat mereka tinggal juga ikut terbakar.

Aiptu Wuswaedi dan Bripka Budi Andi Triyanto yang saat itu juga mendatangi tempat kejadian menjelaskan, rumah yang berukuran 6 meter x 9 meter tersebut hanya menyisakan bangunan tembok saja. Begitu juga ujar Bripka Anang Giyan Sudibyo, SH Kanit Reskrim Polsek Mojotengah, akibat kejadian tersebut total kerugian Rp. 1.00.000.000,- (Seratus Juta Rupiah) dengan perincian kerugian korban 6 ekor kambing, 9 kelinci, 3 ekor ayam, 7 gram perhiasan serta uang tunai Rp.5.000.000,- (lima juta rupiah) dengan total kerugian Rp.75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah)

Sambung Kanit Reskrim, sedangkan rumah samping kanan, kiri serta belakang diperkirakan kerugian Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) sehingga total seluruh kerugian materiil akibat kebakaran tersebut yaitu Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah). Saat ini Personil Polsek Mojotengah bersama warga sekitar Bahu membahu membantu membersihkan puing puing sisa kebakaran guna meringankan beban Bp. Slamet Riyanto” jelasnya.

(Humas Polsek Mojotengah)