6 Orang ODGJ di desa Butuh Dapat Vaksin Sinoparm

Wonosobo – Enam orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berada di desa butuh kecamatan kalikajar Kabupaten Wonosobo mengikuti program vaksinasi yang digelar Puskesmas Kecamatan kalikajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Para petugas ini datang kerumah masing-masing ODGJ yang telah didata dengan dikawal oleh Bhabinsa dan habinkamtibmas desa Butuh dengan didampingi oleh pihak keluarganya masing-masing .Rabu.1/9

Kepala Puskesmas Kalikajar II ¬†ibu Catur Irawati ¬†mengatakan, Puskesmas Kalikajar terus melakukan percepatan vaksinasi. Tak hanya kepada yang sehat saja, percepatan vaksinasi juga menyasar pada ODGJ. “Vaksinasi ini diberikan kepada ODGJ karena mereka rentan terpapar covid-19,” terang Catur

Dia juga mengaku bahwa dari, Puskesmas Kalikajar II Sebelum menerima suntikan vaksin, para ODGJ juga mengikuti tahap pemeriksaan seperti vaksinasi pada umumnya. Hanya saja, sebelum pemeriksaan dilakukan, ODGJ terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kejiwaan. “Ini kami lakukan untuk memastikan kesiapan ODGJ menerima suntikan vaksin,” ungkapnya.

Vaksinasi yang diberikan kepada ODGJ merupakan vaksin tahap pertama. Sedangkan untuk pemberian vaksinasi tahap kedua, Puskesmas Kalikajar II telah menjadwalkannya pada tanggal 29 Agustus mendatang. Jenis vaksin yang diberikan juga berbeda dengan jenis vaksin yang diberikan kepada masyarakat pada umumnya. “Kalau untuk masyarakat umum jenisnya Sinovac dan Astrazeneca. Tapi ini jenisnya Sinopharm dan khusus untuk ODGJ,” bebernya.

Catur berharap dengan pemberian vaksin kepada ODGJ dapat melindungi dari terpaparnya ODGJ dari penyebaran virus covid-19.