AKAR BUDAYA MASYARAKAT, WAHANA KAMPANYE KAMTIBMAS

AKAR BUDAYA MASYARAKAT, WAHANA KAMPANYE KAMTIBMAS AKAR BUDAYA MASYARAKAT, WAHANA KAMPANYE KAMTIBMAS

Aneka ragam budaya  tumbuh dengan subur di tengah masyarakat, tak dapat dipungkiri, adalah aset luar biasa yang merupakan kekayaan bangsa. Kebanyakan budaya asli, tumbuh di pelosok pelosok pedesaan. Budaya tersebut melekat dan dicintai  rakyat, serta  masih murni belum terintegrasi dengan budaya luar.

AKAR BUDAYA MASYARAKAT, WAHANA KAMPANYE KAMTIBMAS

AKAR BUDAYA MASYARAKAT, WAHANA KAMPANYE KAMTIBMAS

Umumnya budaya yang tumbuh di pedesaan adalah budaya yang berbau mistis, dengan doa-doa dan sesaji serta gerakan tubuh dan olah kanuragan, yang semua bertujuan untuk keamanan  keselamatan serta permohonan rejeki yang melimpah kepada Sang Pencipta. Pada moment inilah, peran Polri di kewilayahan terkecil memainkan peran sebagai Pembina Kamtibmas.

Aman, adalah satu kata kunci yang dibutuhkan semua orang dari berbagai strata. Dan  pengemban  misi keamanan adalah  tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, pemerintah dan stakeholder  di masyarakat secara keseluruhan. Sehingga perlu ada keterpaduan mengelola keamanan, maka keamanan tumbuh menjadi budaya  yang mengakar di tengah masyarakat.

Begitulah, apa yang dilakukan  Polsek Kepil beserta Muspika Kecamatan Kepil, Minggu 4/10/2015 pukul 09.00 Wib di lapangan Desa Pulosaren Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo  dalam acara “ Sedekah  Bumi “ .  Keterpaduan pembinaan Kamtibmas antar stakeholder dilaksanakan dengan baik.

Bhabinkamtibmas Desa Pulosaren, Brigadir Arif Setyo Wibowo,   yang terjun langsung menyatu dengan kelompok-kelompok budaya di desa Pulosaren,   menyebutkan,  ada 7  (tujuh) grup  kesenian budaya yang telah dibinanya, yakni Grup Lestari Utomo pimpinan Widardo dari Dukuh Kertosari , Grup Barong Sakti pimpinan Syahidin dari Dukuh Krawatan,  Grup Manggala Yudha pimpinan Suwarto dari Dukuh Bulusari, Grup Yakso Manunggal pimpinan Yatro dari Dukuh Krajan, Grup Mangundadi pimpinan Pujianto dari Dukuh Binangun, dan Grup Setyo Langen Budoyo pimpinan Sumanto dari Dukuh Mendek  semua dari Desa Pulosaren Kecamatan Kepil.

AKAR BUDAYA MASYARAKAT, WAHANA KAMPANYE KAMTIBMAS

AKAR BUDAYA MASYARAKAT, WAHANA KAMPANYE KAMTIBMAS

Menurut Brigadir Arif Setyo Wibowo, melalui grup kesenian budaya masyarakat merupakan wahana untuk menyampaikan pesan pesan Kamtibmas kepada masyarakat. Di mulai dari kelompok kelompok kecil inilah pesan Kamtibmas akan menggurita menjadi besar dan tercipta Budaya Kamtibmas.

(Humas Polsek Kepil)

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. whatiscpmfun
  2. Dungeon

Comments are closed.