Aksi Bela Palestina Di Wonosobo Damai. Alasannya Anggota Polres Wonosobo Lakukan Ini

Dieng News – Aksi solidaritas penolakan kalim Presiden Amerika Serikat bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel juga dilakukan di Wonosobo, Jumat (15/12) sore. Hampir seribu massa dari gabungan berbagai organisasi menggelar aksi long march dan orasi di Simpang Plaza Wonosobo. Meski aksi sempat tertunda karena hujan, sehingga dimulai pukul 14.00 Wib, namun tetap berjalan dengan aman dan damai. Puluhan petugas dari Polres Wonosobo mengawal aksi di banyak titik.

Aksi diawali dengan Long March mulai dari Masjid Al Huda Sudagaran, Jalan. A. Yani, orasi di Taman Plaza, Alun-alun, Jl. Soekarno-Hatta dan kembali ke Masjid Al Huda. Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras, S.I.K. melalui Kasat Sabhara AKP Agus Priyono, S.H. yang mempimpin langsung pengamanan aksi tersebut mengungkapkan pihaknya menerjunkan lebih dari 100 personel. “Mulai dari pengamanan jalur yang dilintasi para peserta, hingga petugas polwan. Yang semuanya aman,” kata Kasatsabhara.

Hingga aksi tersebut berakhir, situasi memang terdapat aman. Bukan hanya karena massa yang cukup tertib mengikuti arahan dari Korlap, namun ada beberapa aksi menarik yang dilakukan para polisi. Seperti yang dilakukan oleh Kasatsabhara dimana tanpa canggung menggandeng anggota KOKAM yang turut mengawal rombongan massa.

Selain itu, adapula belasan polwan yang mengiringi para peserta sambil membagikan air mineral dan permen. “Kami memang mengutamakan pendekatan secara humanis kepada para peserta aksi,” tutup AKP Agus.