Antisipasi kejahatan, Bhabinkamtibmas sosialisasikan berbagai modus kejahatan

Tribratanewswonosobo.com-Berbagai macam cara dilakukan oleh pelaku tindak kejahatan untuk beraksi. Dapat dipastikan, kelengahan target/calon korban menjadi faktor utama dalam aksinya. Baru baru ini Polri telah mengungkap tindak kejahatan, dimana si pelaku membuat kode coretan di dinding, tiang listrik, pagar rumah, bak sampah yang seakan-akan coretan itu tidak berguna.

Dengan demikian adanya peristiwa kejadian tersebut Polsek Mojotengah melalui petugas Polmas di Desa Kebrengan Bripka Budi Andi Triyanto mengenalkan modus baru kejahatan yang terjadi dikota besar agar diwaspadai oleh warganya. Jumat (15/7/2016) siang.

Bripka Budi memberi gambaran dan mencontohkan misal ada tulisan seperti “PA” Posisi Aman dan tanda silang atau cros, jika kode silang berwarna merah berarti ada penghuninya sebaliknya jika tanda silang warna putih berarti kosong atau tidak ada penghuninya.

Misalnya ada tulisan PAB2 524 STRONG artinya Posisi Aman pada rumah Blok 2 pada jam 5 sore hingga 4 pukul 4 pagi dan kalimat STRONG direkomendasikan untuk jadi target sasaran pencurian.

Dengan kata lain “si cucuk lampah atau si penunjuk jalan merekomendasikan/memastikan aman untuk disatroni” jelas budi.

Walaupun di Desa Kebrengan belum ada coretan semacam itu, namun tidak ada salahnya untuk mengantisipasi agar suatu saat terjadi, warga sudah memahami apa yang harus dilakukan selain melaporkan ke Polsek Mojotengah juga warga langsung menghapusnya.

Selain langkah antisipasi di atas, Bripka Budi juga mengajak warga untuk meningkatkan kegiatan Siskamling. dengan adanya warga yang melaksanakan ronda, ruang gerak pelaku kejahatan akan semakin terbatas.

Kapolsek Mojotengah AKP Ismanta, S.H juga menghimbau melalui petugas Polmasnya agar komunikasi antar warga bisa ditingkatkan, sehingga sewaktu waktu rumah salah satu tetangganya kosong maka tetangga sekitar bisa ikut mengawasinya.

“Kalau ada orang mencurigakan tetangganya itu bisa langsung menanyainya” jelas budi.

(Humas Polsek Mojotengah)

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Bdsm
  2. dlan adapter test

Comments are closed.