Apel Kesiapsiagaan Bencana Di Kalibawang. Bupati, Dandim Dan Kapolres Wonosobo Serahkan Bantuan Huntara

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras S.I.K meyerahkan bantuan simbolis kepada masyarakat yang terkena bencana Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras S.I.K meyerahkan bantuan simbolis kepada masyarakat yang terkena bencana

Pemerintah Kabupaten Wonosobo melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Darurat Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung serta penyerahan kunci rumah/Huntara kepada 9 KK korban tanah longsor dan pergerakan tanah, bantuan berupa sembako serta peralatan sekolah dan penyerahan bantuan dari Gubernur Jateng untuk 7 korban bencana alam tahun lalu.

Penyerahan secara simbolis bantuan BNPB kecamatan Wadaslintang dan Kalibawang DSP BNPB tahun 2017/2018, langsung di lakukan oleh Bupati Wonosobo H. Eko Purnomo S.E. M.M, Dandim Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli S.E serta Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras S.I.K kepada perwakilan dari korban, pada Kamis (11/12/2018).

Humas Polsek Sapuran

Apel kesiapsiagaan yang diikuti oleh sekitar 400 peserta diantaranya dihadiri juga oleh Setda Kabupaten Wonosobo Drs. Eko Sutrisno Wibowo M.M, Kabag Kesra Kabupaten Wonosobo, Forkompinda, Kepala PMI, Kepala BPBD, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Satpol PP, beberapa Kepala Kecamat dan Satu Pleton Dalmas Polres Wonosobo.

Usai penyerahan H. Eko Purnomo S.E. M.M mengingatkan, Kabupaten Wonosobo merupakan sebuah kawasan pegunungan dengan lembah yang curam, Kecamatan Kalibawang masuk kategori dengan kecuraman lebih dari 40 derajat sehingga sangat berpotensi terjadinya bencana geologi.

“Seandainyab dihitung, curah hujan yang begitu tinggi Kabupaten Wonosobo menampung per tahunnya berkisar antara 1.713 sampai dengan 4.255 mili meter, dengan begitu hampir seluruh wilayah Kabupaten Wonosobo rawan terjadinya bencana banjir, bencana tanah longsor dan amblesan” Jelas Bupati Wonosobo.

Beberapa rincian dari Kepala Kecamatan Kalibawang Bp. Drs. Harsono, korban bencana tanah longsor dan pergerakan tanah pada bulan Nopember 2017 yang akan menerima bantuan yaitu Bp. M. Khadik alamat Dusun Jojogan Desa Karangsembung mengalami kerugian materiil sekitar Rp. 25.000.000, Mustofa Dusun Ciledok Desa Dempel mengalami kerugian materiil Rp. 20.000.000 serta 18 korban lainnya. Namun kejadian itu tidak mengakibatkan korban jiwa” terang Drs. Harsono.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan apel kesiapsiagaan darurat banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Kecamatan Kalibawang, Kapolres Wonosobo Polda Jateng AKBP Abdul Waras S.I.K melalui Kapolsek Sapuran AKP Sutaryanto, SH pihaknya menyiapkan beberapa personilnya untuk turut serta ambil bagian dari acara tersebut mulai dari persiapan pelaksanaan apel serta pengamanan jalur demi kelancaran arus lalin selama pelaksanaan apel besar tersebut.

(Humas Polsek Sapuran)