Berbalut Kebaya, Polwan Polres Wonosobo Luwes Jadi Petugas Upacara

Meski status wanita melekat erat pada sosok Polwan, namun tugas dan peran yang mereka emban jauh dari hal-hal berbau wanita. Tugas pokok sehari-hari yang mengharuskan para polwan meletakkan dahulu sisi femininnya. Seperti yang terlihat pada Upacara peringatan Hari Kartini ke 140 yang diadakan di Pendopo Kabupaten Wonosobo, Senin (22/4) pagi.

Berbalut kebaya dan make up minimalis namun anggun, beberapa polwan terlihat menjadi petugas upacara. Meskipun harus menjadi komandan upacara atau pemimpin barisan bahkan pengibar bendera, para polwan tetap luwes saat berjalan dan berbaris.

Upacara yang dipimpin oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo S.E., M.M., tersebut memang menjadi agenda rutin setiap tahun. Petugas upacara pun seluruhnya dari wanita baik dari pemda, Polri maupun instansi lain.

Dalam amanatnya, Bupati Wonosobo mengungkapkan harapan terhadap sosok-sosok wanita masa kini agar tetap bisa meneladani sikap R.A. Kartini untuk menghadapi perubahan jaman.

“Saya berharap wanita-wanita masa kini dapat mengimplemantasikan sikap dan teladan Ibu Kartini untuk menghadapi perubahan jaman, agar tidak terbawa arus yang tidak baik,” ungkap Bupati.

“Justru sebaliknya, wanita harus bisa menjadi bagian dari generasi milenial yang terus membawa dan mendorong berbagai hal baik,” lanjutnya.

Selain mendorong para wanita untuk menjadi sosok Kartini masa kini, Bupati juga mengkampanyekan program zero plastic dalam rangka Hari Bumi yang jatuh tepat hari ini.

Bupati berharap agar semua pihak bisa memulai mengurangi sampah plastik dari hal kecil seperti menggunakan tumbler dan tas belanja selain plastik.