Bersama BPT Binamarga, Polsek Kejajar Polres Wonosobo Singkirkan Batu Raksasa Di Jalur Dieng

Longsor batu kembali terjadi di Jalur Dieng, Senin (18/12) dini hari. Belasan batu mulai sebesar bantal hingga sebesar meja berjatuhan dari lereng Jalur Dieng. Beberapa diantaranya langsung masuk ke areal tanah pertanian milik warga, namun ada beberapa pula yang menutupi sebagian jalan.

Menggunakan alat berat, petugas dari BPT Binamarga dan Polsek Kejajar, Selasa (19/12) pagi bekerjasama membersihkan lajur jalan dari bebatuan tersebut. Ditemui disela kegiatan, Kapolsek Kejajar AKP Sukirman mengungkapkan pihaknya berupaya menjamin jalur Dieng aman dan lancar utamanya menjelang dan pada saat libur Natal dan Tahun Baru ini “Kami mengupayakan sebelum libur natal dan tahun baru, jalur ini tetap bersih dan siap digunakan 2 arah,” katanya.

“Dua tahun lalu kami mengalami sulitnya mengatasi kemacetan saat perbaikan longsor Tieng belum selesai sehingga harus buka tutup. Oleh karena itu, bersama Balai Pelaksana Tekhnis Binamarga Jateng, kami mengupayakan jalur ini steril dari longsor,” terangnya. “Semoga saja berhasil sehingga masyarakat bisa merayakan libur di Dieng dengan nyaman,” lanjut AKP Sukirman.

Sementara itu Kepala BPT Binamarga Jateng Wilayah Wonosobo, Ir. Priyanto mengungkapkan untuk proses pembersihan jalur ini pihaknya harus mengeluarkan alat berat dan dumptruk. “Jalan yang tidak begitu lebar ditambah ukuran batu yang cukup besar sempat menyulitkan kami. Apalagi kalau batu itu sampai jatuh ke bawah, akan semakin membahayakan karena ada pemukiman penduduk,” katanya. “Namun Alhamdulillah, meski agak sedikit lama, namun proses pembersihannya berjalan dengan lancar,” pungkas Ir. Priyanto. (Rahmad ZaZg)