Bersama Warga, Polsek Watumalang Bersihkan Bekas Longsor

Kejadian longsornya pondasi senderan tanah milik Muslimin (24), warga Dusun Bedali Desa Kuripan Kecamatan Watumalang yang ambrol pada hari Senin (26/2) kemarin tinggal menyisakan puing. Pondasi sepanjang 10 meter dan tinggi 5 meter tersebut ambrol sekira pukul 15.45 WIB akibat curah hujan yang tinggi.Meski tidak ada korban jiwa, longsoran telah menimpa rumah semi permanen milik salah satu rumah warga yaitu Puji Ragil Santoso yang yang juga merupakan Pegawai Harian Lepas (PHL) Satlantas Polres Wonosobo yang tepat berada dibawahnya hingga separuh dari bagian rumah mengalami rusak parah.

Bersama dengan warga, hari ini Selasa (27/2) mulai pukul 08.00 WIB Polsek Watumalang melakukan pembersihan bekas longsoran. Kapolsek Watumalang Iptu Purwanto menyampaikan bahwa kegiatan ini sesuai yang telah direncanakan kemarin saat mendatangi tempat kejadian. “Ini (pembersihan longsor) adalah kegiatan lanjutan karena kemarin cuacanya tidak mendukung, hujannya masih deras dan masih ada sedikit pergerakan tanah sehingga terlalu beresiko untuk melakukan pembersihan material longsor”, jelas Kapolsek Watumalang Iptu Purwanto.

Iptu Purwanto juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan selalu memperhatikan gejala-gejala terjadinya tanah longsor seperti adanya retakan-retakan pada tanah maupun pergerakan tanah mengingat saat ini musim penghujan. “Selamatkan barang berharga dan surat-surat penting serta segera pindah ke tempat yang lebih aman jika mengetahui ada tanda-tanda akan terjadi longsor”, himbau Kapolsek kepada masyarakat.

Selain dibantu warga, kegiatan pembersihan bekas longsoran juga dibantu dari Koramil Watumalang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, dan Relawan Posko 9 Siaga Bencana Watumalang. Pada kesempatan tersebut Kapolsek Watumalang juga turut mendampingi BPBD dalam memberikan bantuan berupa kepada Korban (by.ssg).