Bhabinkamtibmas Polsek Mojotengah Polres Wonosobo Cek Dana Desa

Polres Wonosobo  РAnggota Bhabinkamtibmas Polsek Mojotengah Polres Wonosobo Polda Jateng melakukan pengawasan Anggaran Belanja Desa ( APBDes ) di desa-desa se-Kecamatan Mojotengah.

Hal ini dilakukan setelah adanya kesepakatan MoU bersama antara Polri dengan Mendagri, Kemendes PDTT pada pertengahan tahun 2017.

Tindakan pengawasan ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat, pemerintah propinsi maupun pemerintah kabupaten untuk pembangunan desa.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Mojosari, Bripka Puji Atmoko, pada Rabu (3/1/2018). Ia aktif melaksanakan pengawasan penggunaan APBDes di desanya.

Pada kesempatan tersebut Syuhada’ (40) sebagai Kaur Keuangan desa setempat memperlihatkan semua file rincian anggaran belanja kepada Bripka Puji Atmoko agar mengetahui pos pos penggunaan. Syuhada’ juga menjelaskan salah satu poin penggunaan dana desa 2017 dialokasikan untuk pembangunan fisik berupa gedung sekolah TK di Dusun Mojotengah, pembangunan tahap pertama senilai 56.950.000 dan akan dianggarkan tahap kedua pada 2018.

Menurut Kapolsek Mojotengah AKP Ismanta S.H., tidak semua kepala desa melakukan pelanggaran karena niat disengaja untuk diselewengkan. “Ada juga yang tidak tahu tentang administrasi, tidak berpengalaman. Disitu peran Bhabinkamtibmas agar berperan cara membuat perencanaan dan pelaporan yang benar. Sehingga tidak terjadi penyelewengan sehingga program pembangunan terealisasi sesuai rencana,” katanya.

( Humas Polsek Mojotengah )