Bhabinkamtibmas Polsek Watumalang Polres Wonosobo Sidak Bangunan Fisik Desa Gondang

Brigadir Mugiyono saat melakukan pengecekan bersama bangunan fisik bersamaperangkat dan kepala desa Gondang ( berdiri batik abu-abu )

Polres Wonosobo – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Watumalang Polres Wonosobo melakukan pengawasan Anggaran Belanja Desa ( APBDes ) di desa-desa se-Kecamatan Watumalang. Hal ini dilakukan sesuai dengan MoU atau kesepakatan bersama antara Polri dengan Mendagri, Kemendes PDTT pada pertengahan tahun 2017.

Seperti yang dilakukan Brigadir Mugiyono pada hari Jumat, 12 Januari 2018. Selaku Bhabinkamtibmas untuk Desa Gondang ia aktif melaksanakan pengawasan penggunaan APBDes di desanya salah satunya melakukan pengecekan pembuatan jalan galur sawah yang sumber dana pembangunannya dari APBDes. Tindakan pengawasan ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat, pemerintah propinsi maupun pemerintah kabupaten untuk pembangunan desa. “Jalan galur sawah dan saluran air ini dibangun dengan dana desa senilai Rp.90.000.000,- ( sembilan puluh juta rupiah ) dan sudah selesai seratus persen,” jelas Brigadir Mugiyono.

Mewakili Kapolsek Watumalang AKP Sumanto, Kanitbinmas Ipda Sugeng Hariyanto menjelaskan, bahwa tidak semua kepala desa melakukan pelanggaran karena niat disengaja untuk menyelewengkan penggunaan dana desa. “Ada yang belum berpengalaman atau tidak tahu tentang administrasi, disitulah Bhabinkamtibmas berperan memberikan saran dalam membuat perencanaan dan pelaporan yang benar. Jadi tidak hanya benar dalam menggunakan anggaran tapi juga benar dalam laporan secara administrasi sehingga program pembangunan terealisasi sesuai rencana,” katanya. ( by.ssg )