Cegah Salah Sasaran, Polsek Mojotengah Polres Wonosobo Pantau Distribusi Beras “Rastra”

Program beras sejahtera (Rastra) 2018 yang merupakan program untuk penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial di bidang pangan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat, sudah mulai didistribusikan kepada rumah tangga berpendapatan rendah (rumah tangga miskin dan rentan miskin).

Beras sejahtera (Rastra) yang dulu disebut beras miskin (Raskin) telah disalurkan kepada rumah tangga sasaran (RTS) penerima manfaat (PM) di wilayah Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo mulai pertengahan Februari lalu. Untuk antisipasi salah sasaran maupun penyimpangan dalam penyaluran, Polsek Mojotengah melalui Bhabinkamtibmas dan Polmas intensif melakukan monitor, pemantauan terhadap pendistribusian rastra di wilayah Mojotengah.

Seperti yang telah dilakukan Kanit Binmas, Aipda Azis wahyudi, S.H. bersama anggota, melakukan pemantauan langsung datangnya beras rastra dari Perum Bulog Wonosobo untuk didistribusikan kepada rumah tangga sasaran penerima manfaat di Desa Sojopuro. Pada Senin (5/3/2018) siang.Kepala Desa Sojopuro, Sutrimo, mengatakan beras yang datang dari Bulog sementara di tampung di Balai Desa, selanjutnya akan disalurkan kepada sebanyak 350 KK. Sesuai daftar yang diajukan kepada pemerintah. Setiap KK akan mendapat 10 kilogram (kg) tiap bulannya.

“Kalau tahun 2017 subsidi raskin, penerima diwajibkan membayar Rp. 1.600 per kilogram (kg). Sedangkan untuk bansos rastra mulai tahun ini, penerima tidak perlu lagi membayar beras tersebut alias gratis.” jelas Sutrimo

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Mojotengah AKP Widayatno melalui Kanit Binmas Aipda Azis wahyudi, S.H., mengharapkan agar pendistribusian rastra sesuai dengan data rumah tangga sasaran (RTS) penerima manfaat (PM), jangan sampai salah sasaran, apalagi disalahgunakan oleh perangkat desa yang mengurusi.

“Kami selalu monitor pendistribusian rastra di desa-desa ini sebagai upaya preventif sehingga penyaluran tepat sasaran tidak ada penyimpangan. Sehingga rumah tangga berpendapatan rendah benar-benar merasakan manfaat bantuan dari pemerintah.” tegas Asis Wahyudi, S.H.

(Humas Polsek Mojotengah)