COMANDER WISH KAPOLRES WONOSOBO : KALAU PERLU, SEBELUM KASIH TILANG, MINTA MAAF DULU

tribratanewswonosobo.com – Setiap anggota Polri merupakan garda terdepan pelayanan terhadap masyarakat untuk menciptakan citra positif terhadap kinerja Polisi. Untuk itu, setiap anggota wajib melaksanakan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Mulai dari yang hanya membutuhkan informasi hingga pelayanan kepolisian.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum. kepada anggotanya dalam kegiatan comander wish di halaman Mapolres Wonosobo, Rabu (10/8) pagi. “Saat ada orang yang bertanya kepada kita, kita sudah pasti akan menjawabnya. Dan daripada kita hanya menjawab asal-asalan dan menimbulkan kesan negatif, kenapa tidak sekalian kita jawab dengan sopan serta santun sehingga masyarakat menjadi senang. Toh sama-sama menjawab kan?” kata Kapolres.

DSC_0048

“Karena ketika kita sebagai pelayan masyarakat memberikan pelayanan yang asal-asalan, pasti akan menimbulkan pandangan negatif. Tidak berhenti sampai disitu, jika kesan negatif tersebut kemudian disampaikan kepada keluarga, rekan atau bahkan pimpinan kita, maka seluruh upaya pelayanan prima yang telah kita laksanakan akan sia-sia,” terang AKBP Azis. “Oleh karena itu, meski pelayanan yang kita laksanakan bisa dibilang kecil, namun tetap harus kita laksanakan dengan maksimal,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres melanjutkan bahwa perilaku senyum, sapa dan salam dalam melayani masyarakat harus benar-benar dilaksanakan dengan baik. “Jika perlu, untuk kegiatan penindakan seperti tilang maupun penangkapan, diawali dengan ucapan permohonan maaf. Sehingga paling tidak, para pelanggar itu lebih menyadari pelanggarannya,” ucap Kapolres.

Polri memang sedang gencar melaksanakan reformasi internal. Dibawah nahkoda baru Jendral Polisi Titi Karnavian, Polri benar-benar diharapkan menuju ‘kodrat’nya sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat, namun dengan tidak melupakan aspek penegakan hukum guna tujuan akhir memelihara situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di dalam wilayah NKRI.