DETEKSI DINI PENYAKIT, BHABINKAMTIBMAS DILIBATKAN

Polres Wonosobo Polda Jateng – Kadang wabah penyakit tertentu muncul secara tiba-tiba di suatu  tempat,  atau kadang menular secara cepat, yang menyebabkan KLB (Keadaan Luar Biasa).  Penyakit tersebut bisa penyakit Malaria, Diare/Desentri, Demam Berdarah (DB), kolera, scabies (gatal-gatal), dan lain-lain.  Penyakit-penyakit tersebut jika tidak ada penanggulangan cepat, maka akan terjadi wabah yang membahayakan warga. Maka harus ada deteksi dini dan laporan cepat agar dinas terkait cepat mengatasinya. Dan deteksi dini dan laporan cepat tersebut pelakunya adalah perangkat Desa, penggerak PKK, tenaga medis Desa, Bhabinkamtibmas dan warga.

Demikian penjelasan  Kastolani dari Puskesmas Kepil dalam acara Deteksi Dini Penyakit di Masyarakat di Balai Desa Gondowulan Kecamatan Kepil Wonosobo, Rabu 2/11/2016, yang dihadiri perangkat Desa, penggerak PKK, Dasa Wisma dan Bhabinkamtibmas.  Lebih lanjut dikatakan, Desa Gondowulan termasuk rentan terhadap penyakit Demam Berdarah karena cuaca cukup panas, sehingga mempermudah penularannya lewat nyamuk Aides Agypty. Maka jika ditemukan pasien yang memiliki ciri-ciri terkena DB, segera menghubungi tenaga medis desa,” sambungnya.

Bhabinkamtibmas Desa Gondowulan Bripka Gigih Setyaji yang ikut dalam acara tersebut, menyatakan, Bhabinkamtibmas akan selalu menjalankan tugas untuk masyarakat,  demi kebaikan, kesehatan, keamanan dan kesejahteraan masyarakat akan selalu dijalankan.  Jika masyarakat sehat dan sejahtera, maka keamanan mampu terjamin dengan baik. 

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. GVK BIO
  2. DMPK Studies

Comments are closed.