“ GALIAN C “ JADI DILEMA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT

Kebutuhan Pasir dan Batu masih sangat tinggi di masyarakat seantero Indonesia, karena pasir adalah bahan utama untuk membangun entah itu Rumah, Senderan, Perkantoran dan lain sebagainya itu semua bahan utamanya adalah Pasir.

Efek dari galian tersebut atara lain

Kerusakan alam atau ladang

Dalam hal ini arti kerusakan tersebut adalah Lahan pertanian yang tadinya rata dan bagus bila ditanami terutama sayuran karena daerah Kec. Kejajar pertanian utamanya Sayur mayur, setelah di buat Galian C (arti sebenarnya adalan Tambang Pasir dan Batu) maka lahan tersebut jadi lobang atau kubangan dikarenakan diambili/dikeruk pasir dan batu, sehingga batas ladang mereka jadi sebuah tebing yang tingginya hinga puluhan meter, dengan demikian dapat membahayakan para penggarap ladang. Bisa-bisa tergelincir jatuh ke galian c tersebut sehingga  mengakibatkan sakit bahkan bisa meninggal dunia selain itu juga merusak tanah yang tadinya subur karena di keruk sehingga humus tanah akan hilang dan tidak dapat lahan pertanian lagi.

Bahkan bukan hanya tanah ladang yang rusak tetapi juga jalan yang dilewati Truk-truk pengangkut Pasir pun cepat rusak. Sehinga masyarakat Desa Buntu menutup Akses jalan untuk kendaraan yang memuat pasir dilarang lewat jalan utama Desa Buntu semanjak tahun 2010 yang lalu itu kesepakantan masyarakat dan pemerintah Desa.

Keuntungan

Jelas yang pemilik tambang yang diuntungkan, makanya begitu Galian C ditutup dengan daya upaya dan alasan ini dan itu bahkan ada juga alasan yang sangat fantastik yaitu DI SINI AKAN DIBANGUN HOMESTAY atau PERUMAHAN 

Bahkan mulai mulai tanggal 28 Maret 2015 mendatangkan Alat berat dengan alasan untuk perbaikan lahan pertanian kata Pak ISMANTO yang punya lahan galian C, tapi kata masyarakat Desa Buntu itupun sebuah tanda tanya besar

Sebagian masyarakat juga di untungkan dengan Galian C di karenakan mereka dapat bekerja menggali pasir atau batu yang akhirnya dapat upah bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari

Kerugian

Warga masyarakat yang sedang ataupun akan membangun rumah akan kesulitan mendapatkan Pasir dan batu bahkan Instansi pemerintahpun kemungkinan akan berhenti apabila tidak ada Pasir, sehingga akhirnya akan menghabat Pembangunan baik masyarakat maupun Pemerintah.

Disamping itu pengangguran akan bertambah apabila betul – betul Galian C di tutup, mereka yang bekerja sebagai buruh menggali Pasir dan batu juga ikut berhenti alias nganggur. juga berakibat menabah kemiskinan apabila mereka tidak punya kerjaan lainnya.

<

p style=”text-align: justify;”>IMG-20160328-WA0005Sehinggga untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, Kapolsek Kejajar AKP SUKIRMAN, SH, sering memerintahkan anggotanya untuk Patroli ke tempat GALIAN C di Desa Buntu dan Desa Tambi Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo. Dan memang setiap ada Bapak Polisi Patroli kegiatan penambangan tidak ada hanya alat berat yang sedang meratakan tanah diantara lubang dan tebing untuk lahan pertanian.”kata masyarakat yang tidak mau disebut namanya.

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Event Managers in Hyderabad
  2. car crash compilation 2017

Comments are closed.