Hadapi Kelangkaan Material SIM, Satlantas Polres Wonosobo Luncurkan ALIM

Tribratanewswonosobo.com-Untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat ditengah terkendalanya distribusi material Surat Ijin Mengemudi (SIM), Satlantas Polres Wonosobo meluncurkan Aplikasi Layanan Informasi Masyarakat (ALIM). Aplikasi ini ditujukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat apakah SIM yang dibuatnya sudah selesai dicetak atau belum.

ALIM ini masih menginduk di website tribratanewswonosobo.com, sehingga masyarakat yang menginginkan informasi tersebut bisa mengaksesnya secara langsung. Selain untuk pelayanan SIM, ALIM juga diperuntukkan agar masyarakat mengetahui apakah SIM, STNK, BPKB dan TNKB yang dibuat sudah jadi/cetak atau belum/masih proses.

Kasat Lantas Polres Wonosobo AKP SS. Udiono menjelaskan jika ALIM dibuat untuk memudahkan masyarakat. “Semisal warga masyarakat yang memiliki kesibukan atau kediamanannya cukup jauh dengan kantor Satlantas Polres Wonosobo akan sangat terbantu, dimana tidak usah datang ke Satlantas kalau hanya ingin tau sudah jadi belum SIM/STNK/BPKB/TNKB. karena sudah diumumkan di dalam layanan ini,” katanya. “Cukup mengecek di website akan tau sudah jadi/masih dalam proses, sehingga masyarakat tidak perlu kecewa bila sudah jauh-jauh datang ke Satlantas ternyata belum jadi,” lanjut Kasatlantas.

Selanjutnya, Kasatlantas menjelaskan dengan informasi dari Website tersebut, semisal sudah jadi maka masyarakat bisa langsung ambil di Satlantas Polres Wonosobo. “Dengan kata lain, datang ke Satlantas pasti sudah jadi, tapi ya harus pada jam kerja,” tutup Kasat Lantas.

Tata Cara Penggunaan Sistem Aplikasi Melalui Ponsel Pintar (Smartphone)

  1. Masuk aplikasi penyedia layanan internet di Ponsel anda (Chrome, Browser, Opera, Internet Explorer dll)
  2. Masukkan nama portal “www.tribratanewswonosobo.com” (tanpa tanda petik)
  3. Setelah masuk tampilan utama, pilih menu “Navigation”
  4. Geser ke bawah hingga menemukan tulisan BPKB, SIM, STNK dan TNKB. Klik salah satu.
  5. Masukkan data yang diminta pada kolom yang disediakan lalu klik “Cek Nomor xxx (RESI, POLISI, SIM)”Catatan : Penulisan HANYA MENGGUNAKAN ANGKA DAN HURUF. Tanpa spasi atau tanda baca lain. Caps lock tidak berpengaruh
  6. Jika SIM, STNK, BPKB atau TNKB sudah selesai, maka akan ada jawaban seperti ini

  7. Jika SIM, STNK, BPKB atau TNKB belum selesai, maka akan ada jawaban seperti ini