Ingatkan Turis Asing. Bhabinkamtibmas Polsek Sapuran, Jangan Percaya Penuh Dengan GPS

Polres Wonosobo – Bhabinkamtibmas Polsek Sapuran Polres Wonosobo Jateng, mengingatkan wisatawan asing yang masuk obyek wisata di Wonosobo agar tidak percaya penuh dengan GPS/aplikasi peta ketika hendak mengunjungi Dieng, sebab kondisi peta di ponsel tidak sesuai dengan medan sebenarnya.

Bukan tanpa alasan Brigadir M. Rosyid mengingatkan rombongan turis asing yang hendak menuju bukit sikunir kawasan obyek wisata Dieng, pada Sabtu (13/1). Pasalnya liburan Natal dan Tahun Baru ini banyak wisatawan yang akan menuju ke kawasan tersebut malah tidak sampai tempat tujuan karena nyasar melewati jalan yang bukan semestinya.

“Wisatawan yang nyasar waktu itu rata rata menggunakan aplikasi GPS maupun google maps, namun, jalur yang mereka lewati bukan lajur utama melainkan melalui wilayah Watumalang dan Garung, yang mana jalur itu bukan merupakan jalur utama untuk menuju bukit sikunir, dieng.” jelas Brigadir M. Rosyid.

“Seperti yang sudah di beritakan oleh Humas Polres Wonosobo,¬†jalur Watumalang dan Garung kalau dilihat di aplikasi peta sebagai alternatif menuju Dieng, namun hingga saat ini akses jalan ke Dieng melalui jalur tersebut masih sangat sulit. Sebagai contoh untuk jalur yang lewat Garung, Mlandi, Sirangkel kemudian Dieng, masih banyak tanjakan terjal dan medan jalan sulit. Hanya kendaraan berpenggerak 4 roda yang mampu lewat” tambahnya sekaligus menunjukan berita Tribrata News Polisi Resor Wonosobo kepada wisatawan asing tersebut yang kebetulan juga sudah mahir berbahasa Indonesia.

“Lewati jalur utama saja, silahkan sambil lihat aplikasi peta. Namun disitu pemberitahuan¬†tanda larangan lewat di titik tanjakan 15 persen yang tertera di peta sekarang sudah bisa dilalui kembali. Silahkan tanyakaan ke kantor Polisi nanti di jalur uatama menuju kawasan Dieng akan melewati Polsek Wonosobo, Polsek Garung dan Polsek Kejajar, Silahkan nanti bertanya apabila ada kendala saat perjalanan,” himbaunya.

(Humas Polsek Sapuran)