Kanit Binmas Polsek Wadaslintang Polres Wonosobo Lakukan Pembinaan Kepada Para Pelajar SMK

Polda Jateng Cyber News – Polda Jateng – Polres Wonosobo – Jajaran Polsek Wadaslintang Polres Wonosobo melakukan pembinaan kepada para siswa SMK Muhammadiyah Wadaslintang dan menemui sejumlah motor yang menggunakan knalpot blong atau racing.

Kapolsek Wadaslintang melalui Kanit Binmas Polsek Wadaslintang Polres Wonosobo, Aipda Kabul Amanto menuturkan, “Beberapa yang kami temui saat itu juga kami suruh melepasnya. Hal itu dilakukan agar knalpot tersebut tidak lagi digunakan,” Senin (4/3).

Belakangan banyak ditemui pengendara sepeda motor yang tidak lagi menggunakan knalpot standar. Mereka menggantinya dengan knalpot racing yang telah didesain dengan model yang beragam. Ada indikasi kuat pemakai knalpot racing sering kali ugal-ugalan.

Polisipun mengeluarkan aturan tegas. Knalpot racing yang memekakkan telinga, dinyatakan sebagai bagian dari pelanggaran lalu lintas. Tepatnya, melanggar pasal 285 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009, dengan ancaman kurungan paling lama satu tahun, dan denda paling banyak Rp 250 juta.

“Sudah sering kami himbau dan kami tindak, namun masih ada saja yang menggunakannya, jadi langsung saja kami suruh pemilik motor untuk menggantinya dengan knalpot standar,” terang Kanit Binmas. (Polres Wonosobo)