Kanit Reskrim Polsek Mojotengah Intensif Patroli Cyber Guna Back Up Satgas Nusantara Polres Wonosobo

Polres Wonosobo – Polri telah membentuk satuan tugas khusus untuk untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pilkada Serentak 2018 uatamanya di dunia maya. Melalui satuan tugas tersebut, Polri melaksanakan pemantauan segala aktivitas di dunia maya yang bersifat preventif maupun represif dengan melakukan penegakan hukum terhadap para pelaku ujaran kebencian via media sosial.

Salah satunya yang dilakukan Unit Reskrim Polsek Mojotengah dengan intensif melaksanakan patroli di dunia maya tersebut. Seperti yang telah dilaksanakan Kanit Reskrim Bripka Anang Giyan Sudibyo, S.H. beserta anggota, pada Rabu (21/2/2018) siang.

Menurut Kanit Reskrim Polsek Mojotengah ini, pihaknya rutin berpatroli untuk menelusuri akun atau website yang menebar berita bohong atau hoax di jejaring media sosial terutama provokasi, isu-isu yang terkiat dengan Pilkada Serentak 2018. Hal ini dikhawatirkan berimbas pada perpecahan, permusuhan di masyarakat.

“Meskipun tidak didukung dengan peralatan canggih, setelah menemukan berita hoax, kami akan berusaha melakukan penelusuran dan pengkajian untuk pelaksanaan penyelidikan,” katanya. “Jika saat berpatroli menemukan akun atau website yang menebar berita bohong atau hoax dimedia sosial terutama provokasi dan isu-isu yang dapat menyebabkan situasi menjadi tidak kondusif, kami pastikan akan melakukan tindakan, setidaknya dengan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk antisipasi berita tersebut,” jelas Bripka Anang

(Humas Polsek Mojotengah)