Kapolres Wonosobo : Isu Penculikan Anak “Hoax”

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras, S.I.K.,menyatakan, kabar penculikan anak yang beredar melalui pesan singkat berantai serta di dunia maya, tidak benar atau hoax.
Kabar tersebut beberapa hari terakhir marak beredar di sejumlah media sosial di Kabupaten Wonosobo.
“Saya yakinkan dan sudah cek, di Kecamatan Kepil adalah berita hoax,” ujar Abdul di Mapolres Wonosobo, Rabu (31/10).
Salah satu pesan berantai tersebut menyebutkan bahwa hampir ada penculikan anak di Desa Ropoh Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Pesan itu menyebutkan, pelaku hampir menculik anak sesaat sedang pulang dari sekolahnya. Menurut Abdul, hal ini terjadi karena adanya kesalah pahaman semata, “Saya selaku pimpinan Kepolisian di Kabupaten Wonosobo menyatakan dengan tegas, sepanjang sepengetahuan saya dan Kepala Kepolisian Sektor setempat (Kapolsek), menjawab dan telah melakukan pengecekan, dan menjawab tidak ada,” ujarnya.
Abdul mengimbau, agar orangtua tidak perlu khawatir dengan isu yang beredar. Meski demikian, ia tetap meminta masyarakat agar selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan kabar hoax.
“Jangan over acting dan menjadi panic saat menerima suatu informasi. Senantiasa lakukan klarifikasi dengan pihak kepolisian, betul atau tidak berita tersebut sebelum mencerna informasi,” tutupnya