Kapolsek Kota Polres Wonosobo Berikan Pembinaan Dan Penyuluhan Kepada Anggota Linmas Kelurahan Rojoimo

tribratanewswonosobo.com-Kapolsek Wonosobo Polres Wonosobo AKP Widayatno melaksanakan Pembinaan dan Penyuluhan Kamtibmas kepada Anggota Linmas/Hansip kurang lebih 19 orang yang bertempat di balai Kelurahan Rojoimo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo,  (7/9).
Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah Desa.
Kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan tersebut dilaksanakan untuk menjalin hubungan silaturahmi antara TNI-Polri dan Anggota Linmas/Hansip serta untuk menumbuhkan sikap disiplin yang tinggi bagi Anggota Linmas dimana nantinya dalam melaksanakan tugas- tugas selalu dalam kondisi yang prima dan siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam membantu tugas- tugas Polri khususnya mengenai kamtibmas dan penanggulangan Bencana Alam. Kegiatan penyuluhan juga di hadiri Sekcam, Kabid trantib, Lurah Rojoimo, Dan Anggota Koramil Kota.

Pada kesempatan tersebut , Kapolsek Wonosobo AKP Widayatno menambahkan bahwa Linmas/Hansip adalah Satuan Perlindungan Masyarakat yang mempunyai tugas mendukung penanganan masalah ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungannya, dan selain itu Linmas juga berfungsi membantu terciptanya kondisifitas dan penanggulangan bencana alam serta kegiatan sosial di lingkungan Desanya, Kapolsek juga meyampaikan pemahaman tentang bahaya narkoba, radikalisme, dan berita hoax yang ahir2 ini bermunculan.
“Dengan diadakan Binluh Kamtibmas Kepada Anggota Linmas/Hansip, hal ini dinilai positif dan sangat bermanfaat " ungkap Kalur Rojoimo. Untuk itu kami sudah mempunyai rencana kegiatan di setiap Desa untuk diadakan pembinaan dan penyuluhan dengan harapan untuk menjadikan wilayah hukum Polsek Wonosobo aman, nyaman dan kondusif,” pungkasnya.