Kapolsek Mojotengah; Setelah Resmi Dilantik, Panwaslu Desa Harus Siap Bekerja

Panwaslu Kecamatan Mojotengah melantik anggota Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Desa/Kelurahan se Kecamatan Mojotengah di rumah makan Resto Ongklok Jl. Dieng Km. 02 Wonosobo pada Sabtu (13/1/2018) siang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Mojotengah Fajar Susanto, A.Md. Kom., menyatakan Pelatikan Panwaslu Desa/Kelurahan ini merupakan sejarah baru karena nama sebelumnya adalah Pengawas Pemilu Lapangan (PPL). Sehingga ini adalah Panwaslu Desa/Kelurahan yang pertama. Lebih lanjut Fajar menghimbau kepada anggota agar secepatnya bersinergi dengan PPS Desa untuk berkerjasama khususnya dalam pelaksanaan kegiatan coklit jumlah pemilih (DP4), untuk menentukan DPS. Para anggota yang dilantik diharapkan juga segera mempelajari Undang Undang Pemilukada sehingga memahami apa yang menjadi tugas, wewenang dan tanggung jawabnya.

Masih ditempat yang sama Kapolsek Mojotengah Polres Wonosobo Polda Jateng AKP Ismanta, S.H., pada sambutannya menyampaikan bahwa tugas Panwaslu berat dan harus netral, karena mengawasi para pejabat Pemerintah seperti TNI, Polri, PNS, Perangkat Desa/Kelurahan, Penyelenggara Pemilu atau PPS untuk netral. Harus siap bekerja, selalu melaporkan setiap perkembangan situasi kepada Panwaslu Kecamatan, khususnya yang mengarah ke Pelanggaran-Pelanggaran Pemilu, sehingga dapat segera ditindak lanjuti.

Pelantikan 19 anggota Panwaslu Desa/ Klelurahan selain dihadiri Forkompinca Mojotengah juga disaksikan anggota Komisioner Panwaslu Kab. Wonosobo Sumali Ibnu Chamid, S.Sos.

(Humas Polsek Mojotengah)