Kasat Binmas Polres Wonosobo : Mengendarai Motor Helmnya dipakai Jangan disimpan

Tribratanewswonosobo.com-Tidak peduli pangkat dan jabatan, Anggota Polres Wonosobo setiap pagi harus melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan utama untuk memperlancar arus lalu-lintas maupun membantu menyeberangkan jalan bagi anggota Polres Wonosobo yang berseragam sedangkan Anggota Polres Wonosobo yang menggunakan pakaian non uniform melaksanakan pelayanan dengan melakukan pengamanan dan pengawasan menghindari bertemunya niat dan kesempatan serta siap sedia melaksanakan penegaka hukum.

Selain pengaturan arus lalu-lintas, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat Polres Wonosobo AKP H. Masrukin, S.Ag., S.H., tak lupa meninggalkan tugas pokoknya di Fungsi Binmas “Pembinaan”. Seperti hari ini (Sabtu, 6 Mei 2017) saat melaksanakan pengaturan arus lalu-lintas di depan Kantor Kelurahan Jaraksari Wonosobo telah melaksanakan pembinaan kepada pengendara motor yang baru saja keluar dari gang dan tidak menggunakan helm.

Polisi : Berhenti dulu dik (Sambil hormat dan mengucapkan selamat pagi)

Pengendara : Pagi Pak (Senyum-senyum antara takut dan merasa bersalah)

Polisi : Ini ada helm kok malah buat nutupin jok motornya, bukan untuk melindungi kepala adik yang sangat berharga.

Pengendara : Cuma dari situ mau masuk gang itu kok pak

Polisi : Bukan masalah dekat atau jauh, akan tetapi melindungi diri sendiri apa salahnya.

Selain itu penggunaan helm di atur dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 106 “Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.”

Jadi, berdasarkan ketentuan tersebut pengendara motor baik pengemudi maupun penumpang diwajibkan menggunakan helm dengan standar nasional Indonesia. Apabila melanggar, ancaman atas pelanggaran tersebut diatur dalam Pasal 291 UU No. 22/2009 yang berbunyi  :

(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

<

p style=”padding-left: 30px;”>(2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Pengendara : (Hanya senyum-senyum salah tingkah sambil mengenakan helm)

Polisi : sudah menggunakan helm pun jangan lupa dikancingkan sampai bunyi klik. (sambil mengancingkan helm).Ganteg juga setelah pake helm (sambil mengacungi jempol)

Pengendara dipersilahkan melanjutkan perjalannya dan Kasat Binmas melanjutkan pengaturan arus lalu-lintas. (kejadian di atas merupakan ilustrasi pembinaan Kasat Binmas kepada pengguna jalan dengan sedikit penambahan materi sebagai pengetahuan masyarakat).

 

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. GVK Biosciences
  2. www.cpns2016.com

Comments are closed.