KASAT LANTAS MENJELASKAN FUNGSI ZEBRA CROSS

KASAT LANTAS MENJELASKAN FUNGSI ZEBRA CROSS KASAT LANTAS MENJELASKAN FUNGSI ZEBRA CROSS

Rabu 7/10/2015 pukul 07.10 wib saat melaksanakan pengawasan Ambang Gangguan Pagi (AG Pagi) Kasat Lantas AKP Nursaja’ah melihat petugas keamanan Kantor Setda Kabupaten Wonosobo menyebrangkan pegawai Setda bukan pada tempatnya karena disebelahnya sudah diberikan Zebra Cross. Atas kepeduliannya Kasat Lantas langsung menepikan kendaraannya dan mendekati dua petugas pengamanan Kantor Setda Kabupaten Wonosobo. Dengan senyum ramahnya beliau menghampiri kedua petugas, mengajak bercengkrama sambil menjelaskan fungsi dari Zebra Cross

Kasat Lantas menunjukkan Zebra Cross

Kasat Lantas menunjukkan Zebra Cross

Zebra Cross atau Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) merupakan salah satu fasilitas yang melengkapi tata tertib lalu lintas dijalanan. Tujuan adanya fasilitas ini adalah untuk menjamin  keamanan para penyeberang jalan. Memang tidak semua jalan disediakan JPO, namun sebagai gantinya adalah Zebra Cross.

20151006201143 (1)

Tetapi tidak semua jalanan pun tersedia kedua fasilitas tersebut, jadi masih sering terlihat orang-orang berlaku seenaknya saat menyeberang jalan. Mengapa sistem tersebut harus ada? Dengan adanya sebuah peraturan membuat orang tidak menjadi seenaknya saja saat menyeberang jalan sehingga tidak menerobos sesuka hati.

Zebra Cross adalah simbol yang menandakan perlidungan terhadap para pejalan kaki yang hendak menyeberang, jadi kamu akan mempunyai sebuah hak untuk didahulukan dan diberi kesempatan untuk berjalan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Zebra Cross saat akan menyeberang jalan.

Kasat Lantas menjelaskan fungsi Zebra Cross

Kasat Lantas menjelaskan fungsi Zebra Cross

Bila sudah ada Zebra Cross atau Jembatan penyebrangan (Seperti di Jl. Ayani tepatnya  antara Pasar Induk dan Rita Pasarraya) ada penyebrang jalan tidak menggunakan fasilitas tersebut dan terjadi kecelakaan, orang tersebut bisa dijadikan tersangka, tambah Kasat Lantas dengan senyum manisnya.