KURANG DARI 12 JAM, POLSEK MOJOTENGAH UNGKAP KASUS CURANMOR

Pelaku Curanmor yang diamankan di Mapolres Wonosobo Pelaku Curanmor yang diamankan di Mapolres Wonosobo

Jajaran Unit Reskrim Polsek Mojotengah berhasil mengungkap kejadian pencurian sepeda motor milik Nisran, 32 tahun, warga Dsn. Petir Desa Limbangan, Kecamatan Watumalang dalam waktu kurang dari 12 jam. Nisran kehilangan motornya jenis RX King tahun 2002 warna hitam No.Pol. : AA6788ZF pada saat ditinggal mencari jerami di wilayah Pungangan pada hari Jumat tanggal 8 Januari 2016 pukul 11.00 Wib.

Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kapolsek Mojotengah AKP Ismanta, S.H. mengungkapkan bahwa setelah menerima laporan tersebut pihaknya langsung melaksanakan penyelidikan. “Hingga akhirnya pada pukul 20.00 Wib ditemukan titik terang bahwa kendaraan tersebut di ada rumah salah seorang pelaku di Dsn. Jawar Desa Blederan Mojotengah. Kami langsung luncurkan anggota ke lokasi tersebut dan berhasil mengamankan barang bukti.” ungkap Kapolsek Mojotengah.

Kapolsek Mojotengah menunjukkan barang bukti curanmor

“Akan tetapi pada saat petugas sampai disana, pelaku yang berinisial AU rupanya sudah melarikan diri. Namun kami mengamankan 2 orang pemuda yaitu  VK (18 Th) warga Kalianget dan MA (15 Th) warga Kebrengan yang berada di sekitar rumah AU karena tingkah lakunya yang mencurigakan.” terang AKP Ismanta, S.H. “Benar saja. Setelah diinterogasi, keduanya mengatakan bahwa mereka juga ikut bersama AU mencuri sepeda motor tersebut.” lanjutnya.

Pelaku VK pada saat diperiksa mengakui bahwa perbuatan tersebut dilakukan bertiga. “Kami waktu itu boncengan bertiga. Kemudian saat melintas di Pungangan, kami melihat sepeda motor yang ditinggal pemiliknya. Dengan bermodalkan kunci T, akhirnya kami bawa sepeda motor tersebut ke rumah AU di Jawar.” terang VK.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Mojotengah Brigadir Anang Giyan, S.H. mengatakan bahwa pada saat menggeledah rumah pelaku, pihaknya juga mengamankan sebuah sepeda motor yang sudah dipreteli. “Menurut keterangan pelaku, sepeda motor tersebut juga merupakan hasil curian di wilayah Kejajar. Kamipun langsung berkoordinasi dengan Polsek Kejajar namun sampai saat ini belum ada laporan berkaitan hal tersebut.” katanya.

Modus dengan merusak kontak dengan kunci T

Modus dengan merusak kontak dengan kunci T

Saat disinggung tentang pelaku yang masih dibawah umur, Brigadir Anang menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan, Pengadilan Wonosobo dan Balai Pemasyarakatan Magelang. “Proses penyidikan dan persidangan akan kami lakukan dengan cepat sesuai prosedur penanganan terhadap pelaku anak di bawah umur. Rencananya, pelaku MA setelah menjalani proses sidang akan segera dibawa ke Bapas Magelang.” ujarnya. “Sedangkan untuk pelaku VK, karena sudah berumur 18 tahun, tetap kami lakukan penyidikan seperti biasa. Pelaku kami jerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. “tutupnya.

Angka kejadian pencurian kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Wonosobo memang mengalami peningkatan selama kurun waktu tahun 2015. Kasubbag Humas Polres Wonosobo AKP Agus Priyono, S.H. mengatakan bahwa dibandingkan tahun 2014, terjadi kenaikan jumlah kasus curanmor. “Naik 12 kasus. Namun sebagian besar sudah terungkap. Seperti kejadian yang di Mojotengah, Selomerto maupun di Kaliwiro.” terangnya. “Salah satu kesulitan kami adalah keengganan korban untuk langsung melaporkan ke Polisi. Hal itu tentu saja menyulitkan kami untuk melakukan penyelidikan.” lanjut Kasubbag Humas. “Kami menghimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan setiap kejadian kriminalitas ke Polri. Terlebih lagi untuk kejadian curanmor. Laporan ini yang akan kami gunakan sebagai dasar analisa dan evaluasi untuk selanjutnya kami petakan polanya. Berdasarkan pola ini kami dapat melakukan tindakan pencegahan baik dengan mengintensifkan kegiatan patroli maupun kegiatan kepolisian lainnya.” himbau Kasubbag Humas

Pelaku Curanmor

Pelaku Curanmor

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. TRIBRATA – Polres Bersama Rutan Wonosobo Fasilitasi Pernikahan Tahanan
  2. nilai usbn

Comments are closed.