MENYAMBUT LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU, PENGEMUDI BUS AKAP DAN AKDP DICEK URINE

Pengecekan Urine Sopir Bis Pengecekan Urine Sopir Bis

Menghadapi peningkatan arus lalu lintas menjelang, pada saat dan setelah perayaan Natal 2015 dan tahun baru 2016, sejumlah sopir bus antar kota antar propinsi dan antar kota dalam propinsi dicek urinenya oleh tim gabungan dari Satlantas, Urkes Polres Wonosobo dan Kantor Perhubungan Wonosobo, Rabu (23/12) sore di Terminal Mendolo Wonosobo.

Pengecekan Urine Sopir Bis

Pengecekan Urine Sopir Bis

Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum. melalui Wakapolres Kompol Pranandya Subiyakto, S.H., M.Hum yang memimpin langsung kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindakan antisipasi adanya pengemudi bus yang menggunakan narkoba maupun zat berbahaya lainnya. “Kami memprediksi bahwa akan terjadi lonjakan arus lalu-lintas pada minggu ini mengingat jangka waktu liburan yang cukup panjang dan bersamaan dengan libur sekolah. Berkaitan dengan hal itu, peran pengemudi angkutan massal menjadi sangat potensial dalam menciptakan keselamatan berkendara di jalan.” ungkapnya.

          “Akan sangat berbahaya apabila sebelum atau pada saat mengemudi, sopir menggunakan narkoba atau sejenisnya. Selain berpotensi mengakibatkan kecelakaan, hal ini juga merupakan pelanggaran hukum. Untuk itu, menjelang perayaan Natal dan Tahun baru ini, kami dari Polres Wonosobo melaksanakan pengecekan urine kepada awak angkutan umum.” kata Wakapolres.

Tahapan pengecekan urine

Tahapan pengecekan urine

Sementara itu Paurkes Polres Wonosobo Bripka Sudjiwo menyampaikan bahwa pengecekan ini dilakukan secara acak. “Beberapa sopir kami ambil secara acak kemudian kami lakukan tes” katanya. “Tes ini memuat 5 kriteria yaitu ampethamin, sabu, ganja, morfin dan Benzodiazepin. Dari tes ini dapat diketahui obat – obatan yang dikonsumsi oleh sopir hingga 6 hari sebelumnya. “ terang Paurkes Polres Wonosobo.

“Dari sampel yang kami periksa, belum ditemukan adanya sopir yang menggunakan narkoba. Rencananya kegiatan ini akan kami laksanakan terus menerus terutama pada saat libur Natal dan tahun baru ini.” pungkasnya.

Hasil Pengecekan Urine

Hasil Pengecekan Urine

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. DMPK

Comments are closed.