MURID SD ISLAM ALFATAH UTAMA DIAJAK MENGUNJUNGI POLRES WONOSOBO

MURID SD ISLAM ALFATAH UTAMA DIAJAK MENGUNJUNGI POLRES WONOSOBO

Guna membentuk karakter dan kepribadian anak sejak usia dini tidak cukup hanya dilakukan secara formal dibangku sekolah. Hal itu sangat disadari oleh kepala sekolah SD Islam Alfatah Utama Jaraksari Wonosobo Bapak Abdul Kholik S Pdi.  Melalui berbagai program sekolah yang sudah dilaksanakan. salah satunya adalah mengajak anak didiknya megunjungi berbagai kantor/instansi dan lembaga lembaga sosial yang berada di kota Wonosobo.

Ipda maryono membagi siswa siswi menjadi empat kelompok

Ipda maryono membagi siswa siswi menjadi empat kelompok

Selasa 29/09/2015 kemarin, dengan didampingi oleh masing masing guru kelas dari kelas tiga sampai dengan kelas enam SD Islam Alfatah Jaraksari Wonosobo diajak mengunjungi Polres Wonosobo. Rombongan anak anak SD itu tiba di Polres Wonosobo pukul 10.00 Wib. Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah SH SIk MHum langsung menerima kunjungan tersebut dihalaman Mapolres dengan didampingi oleh Kaurbinops Sat Binmas Polres Wonosobo Ipda Maryono dan beberapa petugas lainnya. Pada kesempatan tersebut Kapolres menyampaikan ucapan selamat datang di Polres Wonosobo kepada rombongan yang dipimpin oleh Ibu Ruli Tri Angrehyanti S Pd beserta masing-masing guru kelas dari SD Islam Alfatah Utama Jaraksari. Setelah diterima oleh Kapolres, rombongan anak anak yang berjumlah 57 anak dengan empat guru pendamping tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing–masing kelompok dipandu oleh dua orang personil Polri dari Sat Binmas, hal itu untuk memudahkan  semua rangkaian kegiatan selama berada di Mapolres Wonosobo. Kapolres berkenan mengajak salah satu kelompok anak anak itu masuk ke ruang dinas Kapolres. Kepada anak anak SD tersebut Kapolres memperlihatkan struktur organisasi dan memperkenalkan foto – foto pejabat utama Polres Wonosobo serta menjelaskan bahwa di Kepolisian itu tidak hanya Polisi Lalu lintas yang selama ini dilihat dijalan saja, namun terdiri dari berbagai Satuan fungsi diantaranya Sat Sabhara, Sat Binmas, Sat Reskrim, Sat Intel, Sat Narkoba dan lainnya.

Para pelajar di perkenalkan Kantor-kantor yang ada di Mapolres Wonosobo dengan di dampingi anggota Sat Binmas dan Sat Lantas

Para pelajar di perkenalkan Kantor-kantor yang ada di Mapolres Wonosobo dengan di dampingi anggota Sat Binmas dan Sat Lantas

Selain diperkenalkan satuan satuan fungsi yang ada di Kepolisian,  anak anak juga diajak keruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu. Disitu diperkenalkan bagaimana Polisi memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melaporkan tentang kejadian tindak pidana, gangguan Kamtibmas, kehilangan barang berupa surat surat berharga dan lain sebagainya. Dari situ diharapkan anak anak mengetahui dan memahami kemana masyarakat harus melapor apabila terjadi gangguan Kamtibmas . Kelompok lainnya diberi kesempatan untuk melihat ruang tahanan yang ada di Polres Wonosobo. Walaupun hanya melihat dari luar ruang tahanan, anak anak dengan membawa buku catatan kelihatan sangat tertarik dan antusias sekali ketika diberi penjelasan oleh petugas jaga tahanan.  Dengan lugunya anak anak tersebut menanyakan  orang – orang yang berada didalam sel tahanan. Dijelaskan oleh petugas jaga tahanan bahwa mereka adalah warga masyarakat yang melanggar hukum melakukan tindak pidana pencurian, penipuan, penyalahgunaan Narkoba dan perbuatan melawan hukum lainnya yang masih menjalani proses penyidikan oleh Sat Reskrim. Ilmi Salmah Salah seorang siswi kelas empat ketika diminta komentarnya oleh petugas mengatakan bahwa ” saya dan teman – teman semuanya  tidak ingin dan takut masuk ke penjara seperti yang dialami oleh orang orang itu, saya tidak akan mencuri dan berbuat jahat kepada siapa saja biar nggak masuk penjara.” katanya. Dari balik deruji besi meski tidak dapat melihat anak – anak yang berada diluar, rupanya para penghuni ruang tahanan mengetahui kalau diluar ada rombongan anak – anak SD yang berkunjung. Mereka merasa haru dan memanggil – manggil ingin bertemu dengan rombongan anak – anak yang masih polos tersebut.. Mungkin diantara para tahanan ada yang mempunyai anak atau saudara sebaya mereka, sehingga timbul rasa haru dan kangen ingin bertemu dengan anak-anaknya.

Melihat Ruang tahanan

Melihat Ruang tahanan

Kegiatan selanjutnya secara keseluruhan rombongan anak SD tersebut diajak melihat dari dekat pelayanan SIM dan BPKB di kantor Sat Lantas. Disana mereka diperkenalkan bagaimana mengurus SIM dan BPKB, Prosedur pengurusan, persyaratan dan lain sebagainya serta model pelayanan yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Wonosobo. Setelah semuanya selesai rombongan anak anak tersebut diberi kesempatan untuk naik mobil Patroli Polisi. Dengan penuh semangat dan perasaan bangga mereka dengan tertib masuk kemobil patroli dan pengawalan yang sudah dipersiapkan berjajar di depan Mapolres. Dengan menggunakan sepuluh buah kendaraan patroli sat lantas dan sabhara mereka diajak putar – putar kota Wonosobo berangkat dari jalan Bhayangkara depan Mapolres, menyusuri jalan RSU, Girimargo, alun- alun, Tosari kembali ke Mapolres Wonosobo. Sabdo Priyo Utomo  dan Putro Budi P anak kelas enam saat turun dari kendaraan dengan perasaan bangga menceritakan bahwa mereka sangat senang sekali bisa naik mobil patroli dan diajak putar kota Wonosobo seperti yang dilakukan oleh Bapak – bapak Polisi dalam bertugas.  Sebelum kembali, dibawah terik matahari rombongan diajak foto bersama dengan Kapolres Wonosobo dihalaman Mapolres.

KUNJUNGAN SISWA-SISWI SD AL-FATTAH JARAKSARI DI MAPOLRES WONOSOBO

KUNJUNGAN SISWA-SISWI SD AL-FATTAH JARAKSARI DI MAPOLRES WONOSOBO

Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah SH SIk MHum saat ditemui kemarin mengatakan bahwa pendidikan karakter dan pembentukan kepribadian generasi muda harus dilakukan sejak usia dini, sehingga diharapkan kelak generasi muda kita telah siap menghadapi tantangan global masa depan sebagai generasi penerus bangsa, katanya. Pengalaman yang didapat oleh rombongan anak – anak SD Islam Alfatah Utama dengan datang ke Polres Wonosobo semoga dapat mengenal dan memahami tugas – tugas Polisi serta dapat memacu semangat anak – anak dalam belajar, lanjutnya.

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. GVK Biosciences
  2. Bdsm, dungeon, neko, furry
  3. Agen Kasino Terbaik

Comments are closed.