OPERASI ZEBRA DILAKSANAKAN GUNA MENEKAN ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS

Permasalahan Lau- Lintas dan angkutan jalan dari waktu ke waktu berkembang sangat pesat. Hal ini disebabkan oleh tingginya pertumbuhan penduduk, bertambahnya jumlah kendaraan di jalan, turunnya pengguna fasilitas angkutan umum dengan berbagai alasan, sarana dan Prasarana jalan serta masih rendahnya kesadaran dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas yang sering menimbulkan kecelakaan dan menyebabkan jatuhnya korban jiwa, maupun kerugian materiil lainnya. Dari berbagai permaslahan Lalu Lintas dan angkutan jalan saat ini yang menjadi perhatian serius kita semua adalah meningkatnya pelanggaran Lalu Lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa maupun harta benda. Guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan berbagai upaya yang harus dilakukan bersama – sama dengan memberdayakan seluruh Stakeholder supaya dapat diambil langkah langkah komprehensif dan dapat menyelesaikan permasalahan lalu – lintas dengan tuntas. Disamping itu juga dibutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam berbagai upaya menciptakan Kamseltibcar Lantas.

DSC_0063

Kepolisian Negara Republik Indonesisa akan melaksanakan Operasi terpusat dengan sandi Operasi Zebra 2015 yang akan berlangsung dari tanggal 22 Oktober 2015 sampai dengan tanggal 4 Nopember 2015. Untuk mendukung kegiatan tersebut Satlantas Polres Wonosobo dengan didukung oleh satuan -satuan fungsi dan melibatkan para pemangku kepentingan yang lain telah melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2015 yang dilaksanakan Kamis 22 Oktober 2015 bertempat dilapangan Olah raga Polres Wonosobo. Gelar pasukan diikuti oleh berbagai unsur antara lain dari Satlantas Polres Wonosobo, Gabungan Staf Polres, Kodim 0707 Wonosobo, Satpol PP, Dinas Perhubungan, serta tamu undangan lainnya.

DSC_0049

Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah SH, SIk, MHum selaku Irup saat membacakan amanat Kakorlantas menyampaikan bahwa Operasi Zebra Candi 2015 ini yang menjadi target operasi adalah penegakan Hukum secara tematik sesuai dengan Program Quick wins Polri terhadap berbagai pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan Lalu – Lintas, diantaranya adalah : Pelanggaran terhadap Marka Jalan, Pelanggaran terhadap rambu parkir dan melawan arus, Penggunaan HP saat mengemudikan kendaraan, tidak menggunakan sabuk keselamatan, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm standar Nasional Indonsia (SNI) serta penggunaan kendaraan Bak terbuka untuk mengangkut orang ( bukan peruntukannya). Dengan dilakukannya penegakan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut , maka pelaksanaan operasi Zebra Candi 2015 ini diharapkan akan mendorong tercapainya tujuan dari operasi tersebut antara lain :

  • Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu – lintas di jalan raya;
  • Meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan Lalu – lintas;
  • Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu – lintas;
  • Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam rangka mewujudkan Kamseltibcar Lantas
  • Terwujudnya situasi Kamseltibcar lantas menjelang perayaan hari Natal 2015 dan tahun baru 2016.

         Operasi Zebra Candi 2015 ini sebagai salah satu wujud keseriusan pemerintah terhadap barbagai permasalahan Lalu – lintas yang terjadi sebagaimana telah diinstruksikan oleh Presiden RI dalam Inpres nomor 4 tahun 2013 tentang program decade aksi keselamatan jalan dengan tujuan untuk mewujudkan keselamatan berlalu – lintas di jalan raya yang meliputi manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, Kendaraan yang berkeselamatan, Perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan pra maupun pasca kecelakaan.

DSC_0083

        Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolres Wonosobo memerintahkan kepada seluruh anggota yang terlibat operasi Zebra Candi 2015 untuk tetap mengedepankan prinsip keamanan dan keselamatan personil, khusunya pada saat melakukan penegakan hukum terhadap pelanggar lalu – lintas, denag selelu berpedoman pada standar operasional prosedur yang telah ditetapkan .Guna mengoptimalkan kegiatan operasi tersebut juga di tekankan kepada seluruh anggota yang terlibat operasi untuk mempersiapkan mental, fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, jaga keamanan dan keselamatan dan kesehatan diri dalam melaksanakan tugas. Bertindaklah secara tegas namun tetap Humanis terhadap setiap pelanggaran yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamseltibcar lantas, tutup Kapolres mengakhiri sambutannya.

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. GVK BIO
  2. GVK BIO
  3. juegos de friv

Comments are closed.