PERSIAPAN PILKADA, LINMAS KALIWIRO DIBERIKAN PEMBEKALAN PENGAMANAN HINGGA PENANGANAN BENCANA

Anggota Polsek Kaliwiro memberikan pelatihan dasar baris-berbaris kepeda peserta pelatihan

Kaliwiro – Dalam rangka persiapan mengamankan dan mensukseskan pelaksanaan pemilu kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Wonosobo yang akan berlangsung tanggal 9 Desember 2015 mendatang, Pemerintah Kecamatan Kaliwiro melalui Seksi Ketentraman Perlindungan dan Ketertiban (Tramtib) dengan menggandeng Polsek dan Koramil Kaliwiro mengadakan kegiatan pelatihan bagi anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas). Sosialisasi dan pembekalan yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Kecamatan Kaliwiro, kemarin Selasa (17/11), diikuti 105 orang anggota Linmas utusan dari 20 Desa dan 1 Kelurahan Se-Kecamatan Kaliwiro.

Pelatihan dan sosialisasi ini digelar untuk memberikan pemahaman mengenai peningkatan kapasitas serta kemampuan tugas Linmas di lapangan pada saat melaksanakan pengamanan Pemilukada serentak tahun 2015. Pada kegiatan yang berlangung selama satu hari, peserta diberikan materi pelatihan dan sosialisasi. Meliputi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 84 tahun 2014, tentang pemberdayaan satuan Linmas dalam menciptakan sistem pengamanan swakarsa.

Selain itu, para anggota pengamanan masyarakat juga diberikan materi pemahaman, tentang pengamanan TPS, kotak suara dan surat suara, Pelatihan dasar PBB (Peraturan Baris Berbaris), dan penanggulangan bencana. Camat Kaliwiro, Ir Tri Waluyo S, yang hadir serta membuka kegiatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan bagi anggota Linmas sangat penting dan perlu, ditengah semakin kompleknya serta beragamnya persoalan yang ada di masyarakat perdesaan, termasuk juga tantangan yang akan dihadapi, khususnya menghadapi Pilkada Kab Wonosobo 2015.

Sementara itu Kapolsek Kaliwiro AKP Mun Sudaryanto menyampaikan bahwa tantangan tugas linmas kedepan semakin banyak dan beragam. “Permasalahan ini terutama berkaitan dengan gangguan ketertiban masyarakat. Hal ini harus segera diatasi sedini mungkin karena membutuhkan sebuah aksi yang cepat dan tepat untuk menyelesaikannya. Dan untuk melaksanakan hal tersebut merupakan tugas kita semua. Bukan hanya polri namun termasuk anggota Linmas serta anggota masyarakat” Kata Kapolsek. “Salah satu tugas anggota Linmas adalah membantu menjaga keamanan masyarakat di lingkungannya masing – masing. Sehingga Linmas berperan dalam deteksi dini terhadap gangguan, ancaman dan tantangan tehadap keamanan lingkungan di masyarakat. Selain itu dalam mensukseskan pilkada yang damai dan aman, peran Linmas sangat sangat penting dan sangat membantu.” ujar AKP Mun Sudaryanto.

Kapolsek Kaliwiro AKP Mun Sudaryanto memberikan materi pelatihan

Kapolsek Kaliwiro AKP Mun Sudaryanto memberikan materi pelatihan

Dikatakannya, bahwa setiap anggota Linmas merupakan ujung tombak terdepan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, anggota Linmas harus selalu siap siaga serta berperan aktif, dalam setiap kegiatan masyarakat sekitar, khususnya di daerah perdesaan. Mulai dari persoalan gangguan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) juga mampu membantu penanggulangan bencana. Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota Linmas, diharapkan setiap anggota dapat membekali diri dengan kemampuan fisik, dan strategi yang mumpuni,” harap Kapolsek.

Sementara, Kasi Trantib Tumin menjelaskan, anggota Linmas diberikan materi pelatihan dan sosialisasi, yakni mengenai Permendagri nomor 84 tahun 2014, tentang pemberdayaan Satuan Linmas dalam menciptakan sistem pengamanan swakarsa. Nantinya PPS menetapkan 2 orang Linmas di setiap TPS untuk pengamanan ketentraman, ketertiban, dan keamanan TPS. Kemudian menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara setelah perhitungan suara dan setelah kotak suara disegel kemudian dikawal menuju PPK (Tugas Keamanan Linmas di tingkat Desa), melakukan pengamanan di Kecamatan sebelum dan sesudah rekapitulasi perhitungan suara oleh PPK.

“Kita berikan kepada mereka materi tentang pengamanan TPS, sebagai persiapan dalam menyongsong Pilkada Kab Wonosobo 2015, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Kita harapkan segala kemungkinan gangguan keamanan dapat diminimalisir, kami telah mempersiapkan segala sesuatu, salah satunya menyiapkan sistem pengamanan swakarsa, Polri/TNI bersikap netral, harapan kami semoga Pilkada dapat berlangsung dengan aman dan lancar tanpa ada hambatan suatu apapun,” tegas Kapolsek disela-sela pelatihan.

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Bdsm
  2. DMPK Services

Comments are closed.