Personel Polres Wonosobo Ikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara

Sejumlah satu pleton personel Polres Wonosobo mengikuti upacara dalam rangka Hari Bela Negara ke 71 di halaman Pendopo pada Kamis (19/12). Dipimpin oleh Sekda Wonosobo, Drs. One Andang Wardoyo, M.Si.

Dalam sambutannya, Sekda menuturkan bahwa menjaga Negara bukan hanya kewajiban militer namun semua komponen. Terutama di era sekarang, masalah yang dihadapi Indonesia semakin komplek dan beragam bentuk ancaman serta gangguannya.

“Tugas membela Negara bukan hanya milik milter saja, namun seluruh komponen masyarakat harus ikut berperan demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI,” ujarnya.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa bela Negara dalam aktualisasinya haruslah selaras dengan kondisi umum masyarakat kekinian dan tentunya dilandasi dengan sinergi untuk mencapai tujuan.

Selain itu, pihaknya juga menekankan pemberantasan radikalisme dan terorisme harus didukung oleh masyarakat dan tokohnya. Peran deteksi dini sangat penting dan harus bisa dilaksanakan oleh tokoh-tokoh masyarakat.

“Peran masyarakat sangat besar dalam pencegahan paham radikalisme dan terorisme utamanya upaya deteksi dini, masyarakat harus bisa mengamati dan mewaspasdai munculnya gerakan-gerakan radikalisme maupun terorisme,” tutupnya.