Polisi Wonosobo, Ramah Tanpa Pandang Bulu

Tribratanewswonosobo.com-Penggalan Syair lagu yang begitu terkenal di tahun 1980/1990 yang menggambarkan keindahan alam Indonesia “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman”. Selain tanah subur Indonesia juga memiliki keindahan alam yang sering mendatangkan wisatawan asing ke Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Wonosobo. Negeri di atas awan (Dieng), sudah banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung.

Wisata di kabupaten Wonosobo (Dieng) yang dulunya hanya terkenal dengan peninggalan sejarah (Candi) sekarang menjadi lebih banyak tujuan wisatanya. “Negeri di atas awan” julukan para wisatawan yang mendatangi Kabupaten Wonosobo. Banyak lokasi di daerah hutan lindung yang dapat dinikmati, dari segi udara yang masih segar, pemandangan hamparan sawah, rindangnya hutan lindung, lokasi melihat rasi bintang hingga keindahan matahari terbit.

Untuk mendukung kemajuan di bidang pariwisata, Polres Wonosoboo memerintahkan Polsek jajaran untuk aktif melaksanakan patroli dan sambang ke lokasi wisata untuk memberikan rasa aman kepada pengunjung obyek wisata.

Waka Polsek Garung Ipda Nur Wahyu Wibowo, S.H., bersama anggota selalu melaksanakan patroli. Baik patrol mencegah kriminalitas maupun patroli sambang untuk menjalin kedekatan dengan warga maupun dengan para wisatawan.

Seperti yang dilakukan sore kemaren (Selasa, 18/7/2017) Waka Polsek mengajak Bripka Erico Ardian mengunjungi Guest Haouse  Amerta Giri di Desa Kuripan Garung. Ipda Bowo bertemu dengan dua warga Jerman yang sedang menikmati minuman teh Khas  Wonosobo (Teh Tambi). Dengan 3S (Senyum Sapa Salam, Ipda Bowo menyapa kedua wisatawan tersebut. Disela-sela bincang-bincang masalah keindahan Negeri di atas awan, Ipda Bowo juga menyampaikan lokasi Anggota Polres Wonosobo yang berada di Obyek Wisata. “Bila kesulitan mencari route maupun ada hal lain, jangan sungkan menghubungi kami maupun anggota yang berada di lokasi” terang Ipda Bowo.

‘Indonesia selain terkenal dengan keindahan alam dan kekayaan alam juga sangat dikenal karena keramahtamahan warga Indonesia. Polri juga bagian dari NKRI, makanya 3S selalu kami utamakan dalam sambang. Baik sambang desa maupun kepada wisatawan. Walaupun dengan sedikit kemampuan dalam berbahasa asing, kami selalu siap melayani,mengayomi dan  melindungi.” Tutup Ipda Bowo

Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K., melalui Kasubbag Humas AKP Agus Priyono, S.H., menyatakan “Polres Wonosobo memang belum ada Polisi Pariwisata, akan tetapi kami memiliki anggota yang di tugaskan mengamankan Obyek vital dan Wisata. Selain itu Polsek jajaran yang memiliki obyek wisata juga kami gerakkan dalam hal pengamanan obyek wisata. Polres Wonosobo mendukung Pariwisata dengan cara menjalankan tugas Pokok Polri, Melindungi, Melayani dan mengayomi, salah satunya memberikan rasa aman kepada wisatawan. Tak hanya itu, kami juga menugaskan anggota untuk mengatur arus lalulintas agar para wisatawan lancar saat berkendara baik menuju maupun sekembalinya dari Obyek Wisata. Tutup Kasubbag Humas