POLRES WONOSOBO GENCAR LAKUKAN RAZIA UNTUK PERSEMPIT RUANG GERAK PELAKU TEROR

Razia Kendaran di Jl. Kyai Muntang Razia Kendaran di Jl. Kyai Muntang

Sejumlah kegiatan dilaksanakan oleh Polres Wonosobo untuk mempersempit ruang gerak pelaku teror. Setelah melakukan penyisiran di lereng Gunung Sindoro, Tim gabungan dari Polres Wonosobo menggelar razia gabungan dengan sasaran pengguna jalan. Tidak tanggung – tanggung, kegiatan dilaksanakan secara serentak di beberapa lokasi. Seperti yang terekam tribratanewswonosobo.com pada Sabtu (16/1) Aparat gabungan melaksanakan kegiatan di dua tempat sekaligus yaitu di Jl. Kyai Muntang Wonosobo dan wilayah Perbatasan Wonosobo Temanggung tepatnya di depan pasar Reco Kecamatan Kertek.

Dalam kegiatan di Jl. Kyai Muntang yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.IK., M.Hum menargetkan kendaraan pribadi maupun barang yang akan masuk ke kota wonosobo. Para pengemudi bukan hanya diminta untuk menunjukkan surat kelengkapan kendaraannya saja, namun juga harus menunjukkan dokumen identitas pribadi. “Jadi setiap kendaraan yang kita hentikan, diperiksa secara menyeluruh. Baik pengemudi, kendaraan maupun barang bawaan diperiksa secara teliti.” Kata Kapolres.

“Kita mengantisipasi setiap benda mencurigakan yang dibawa. Jadi semua barang bawaannya kami buka dan diperiksa. Hal ini kami lakukan mengingat pola yang biasa digunakan para pelaku teror adalah bom maupun bahan peledak itu mereka sembunyikan diantara barang pribadi mereka.” Ujar AKBP Azis. “Seperti dimasukkan di dalam tas ransel, kardus atau bahkan diselipkan diantara pakaian.” Lanjutnya.

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh

Setelah memeriksa lebih dari 50 kendaraan selama 1,5 jam, kegiatan kemudian dicukupkan. “Meski belum kita temukan barang – barang yang mencurigakan, kegiatan kita cukupkan dulu. Yang terpenting tujuan kegiatan ini untuk mempersempit ruang gerak pelaku teror telah kita laksanakan. Kita istirahat sebentar nanti dilanjut lagi di tempat yang lain” kata Kapolres.

Sementara itu dalam kegiatan lain di Pasar Reco yang dipimpin oleh Wakapolres Wonosobo, petugas melakukan pemeriksaan terhadap truk box maupun kendaraan pribadi yang hendak keluar dari wilayah wonosobo. Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu wujud kegiatan imbangan yang dilakukan Polres Wonosobo karena di wilayah Kabupaten Temanggung sedang berlangsung even yaitu Apel Gerakan Pemuda Ka’bah yang diikuti anggota ormas tersebut dari kabupaten sekitar.

Pengecekan Truk Box

Sejumlah angkutan umum dan mobil pribadi juga turut dihentikan karena menggunakan kaca film yang terlalu gelap. Wakapolres Wonosobo Kompol Pranandya Subiyakto, S.H., M.Hum mengatakan bahwa pihaknya juga menghentikan kendaraan berkaca film gelap karena kecenderungan pelaku teror menggunakan mobil tertutup maupun kaca film gelap. “Karena tidak kita temukan pelanggaran hukum, para pengemudi hanya kita berikan peringatan saja. Selain itu diberikan saran untuk melakukan pergantian kaca film yang lebih terang. Ukurannya untuk depak maksimal 40 % dan maksimal 60 % untuk kaca samping dan belakang.” Kata Wakapolres.

Dalam kegiatan tersebut juga belum ditemukan adanya benda mencurigakan yang dibawa oleh penumpang. “Kami menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada petugas polri apabila menggunakan angkutan umum dan mengetahui ada benda mencurigakan yang dibawa oleh penumpang lain. Dengan saling mengawasi dan tetap peduli, saya yakin aksi teroris dapat kita cegah.” Himbaunya.

Kapolres pimpin langsung kegiatan

Kapolres pimpin langsung kegiatan

4 Trackbacks & Pingbacks

  1. sildenafil
  2. male erection pills
  3. medicine for erectile
  4. erectile dysfunction medicines

Comments are closed.