Polres Wonosobo Hero, Dalmas Berbagi

Polres Wonosobo – Berbagai tidak harus harta benda, Kasih sayang dan perhatian kadang lebih di butuhkan oleh sebagaian orang yang memang tidak dapat menikmati seperti yag dialami para anak-anak panti asuhan Darul Quran gunung tawang selomerto. Kasih sayang dan perhatian mereka peroleh dari pengasuh dan para dermawan yang memperhatikan mereka.

Sesuai dengan Program Polres Wonosobo Hero (Humanis, Empati, Responsif dan Open) Sat Sabhara Polres Wonosobo melaksanakan kegiatan berbagi dengan anak-anak panti asuhan Darul Quran yang bertema “Dalmas Berbagi”. Kegiatan dalmas berbagi diisi dengan kegiatan pembagian santunan dan wisata edukasi (Kebun binatang Seruling Mas dan replika ka’bah di surya yudha park Banjarnegara). Sabtu (27/1/18).

Satu Regu Dalmas Polres Wonosobo dipimpin Kanit Dalmas Aipda Herry Dwi P mengajak 25 Anak panti asuhan Darul Quran wisata Edukasi. Diawali dengan sambutan Waka Polres Wonosobo Kompol Umi Mariati, S.I.K., di dampingi Kasat Sabhara Polres Wonosobo AKP Agus Priyono, S.H., menyambut 25 anak panti dengan cada dan sendau gurau dilanjutkan pembagian santunan kepada 25 anak panti.

Menurut AKP Agus ‘Sambutan kepada anak-anak kami lakukan dengan saling mengenal, sehingga nanti saat wisata edukasi mereka sudah terjalin keakraban dengan pendamping mereka (Anggota Dalmas Polres Wonosobo). Sedangkan koordinasi dengan pengasuh panti asuhan telah dilakukan oleh Waka polres”.

Disinggung mengenai pembagian Santunan AKP Agus menjelaskan “Dengan uang tersebut semoga bermanfaat bagi mereka, kami tidak mengatur uang tersebut mau digunakan untuk apa, silahkan di atur sendiri, karena mereka masih anak-anak pastinya mereka membutuhkan pengaturan penggunaan uang tersebut, akan tetapi kami serahkan sepenuhnya kepada anak dan pengurus panti, seumpama di lokasi wisata mereka ingin membeli mainan ya silahkan, akan tetapi urusan makan dan minum sudah kami usahakan” terang AKP Agus.

Selesai dibagikan uang santunan, Komando diserahkan kepada Aipda Herry Dwi P kanit Dalmas Polres Wonosobo. Dengan digendong dan sebagian digandeng oleh Anggota Dalmas, anak-anak naik ke Bus Dinas Polres Wonosobo menuju tempat wisata kebun Binatang seruling mas di Kabupaten Banjarnegara.

Diawalai dengan Doa, bus melaju menuju kebun binatang Seruling Mas, dalam perjalanan wisata edukasi sudah dimulai, dari pengenalan rambu-rambu dijalan hingga mengajak anak-anak untuk patuh terhadap aturan lalu-lintas. sesampainya dilokasi, masing-masing anggota Dalmas bertanggung jawab terhadap dua hingga tiga anak, bukan hanya bertanggungjawab mengawasi, akan tetapi disini juga diwajibkan memberikan edukasi kepada mereka, baik pengenalan budaya antri, pengenalan satwa hingga diajak untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah sisa/bungkus makanan di tepat sampah.

Sedangkan di Lokasi replika ka’bah, kanit Dalmas meminta bantuan dari ahlinya H. Asrori yang juga merupakan pengurus panti asuhan, untuk menerangkan serta memperagakan pelaksanaan haji. Dari melempar jumroh, mencium hajar aswat, mengelilingi kakbah dll. Dikarenakan posisi hajar aswat yang tinggi, Anggota Dalmas dengan sigap menggendong anak-anak agar sampai di hajar aswat.

Dari kegiatan Dalmas Berbagi, terlihat para anak panti asuhan sangat menikmati seperti yang diungkapkan zaenal abidin, 13 tahun (Anak panti asuhan) “Saya sangat senang sekali dan berharap di ajak jalan-jalan lagi sama pak Polisi” dan pernyataan tersebut juga ditimpali oleh Pengurus Panti Asuhan H. asrori, 54 th “Betul pak anak-anak sangat senang, untuk itu saya selaku pengurus sangat berterimakasih karna memangg belum pernah ada kegiatan seperti ini, semoga hal ini berkesinambungan, tidak harus piknik ke tempat wisata, kami sudah sangat senang dengan kedatangan pak Heri dan kawan-kawan ke Panti asuhan kami, selain memberikan sumbangan pak heri juga sering menyempatkan bermain dengan anak-anak dari jaman pak heri masih di Polsek sampai sekarang ini yang sudah mempunyai banyak anak buah, Semoga pangkat dan jabatan bapak langgeng lancar dan semoga bapak beserta anggota diberi rejeki yang berlimpah”.

“Amin makasih doa buat saya dan Anggota polres Wonosobo Pak” Jawab Aipda Herry. “Kegiatan ini memang bukan hanya dengan panti asuhan Darul Quran, akan tetapi kami juga melakukan ke berbagai panti asuhan maupun ke warga kurang mampu. Selain dari Polres Wonosobo kami juga siap bekerjasama dengan para dermawan dimanapun berada untuk ikut serta membantu berbagi baik harta bendanya maupun seperti kali ini”Tutupnya.