POLRES WONOSOBO SITA RATUSAN LITER CIU DAN PULUHAN BOTOL MIRAS

Gelar Barang Bukti Miras Oplosan Gelar Barang Bukti Miras Oplosan

Menjelang perayaan Tahun Baru 2015, Polres Wonosobo meningkatkan kegiatan razia dengan melaksanakan Operasi Cipta Kondusif dibawah komando langsung Kapolres. Dalam kegiatan yang dilaksanakan Senin (28/12) malam hingga Selasa (29/12) dini hari, Tim Gabungan Polres Wonosobo berhasil mengamankan lebih dari 120 liter miras oplosan dan 17 botol miras berbagai merk. Bukan hanya dengan sasaran miras, dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh tim terpisah dapat pula mengamankan 11 sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan surat – surat, selain juga melakukan penilangan terhadap 104 pelanggar.

Razia Penjual Miras Ilegal

Razia Penjual Miras Ilegal

Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum. seusai kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menciptakan situasi kondusif pada saat perayaan malam tahun baru 2016. “Dari hasil analisa dan evaluasi pengamanan tahun baru yang kita laksanakan, didapat data bahwa sebagian besar gangguan kamtibmas pada saat malam tahun baru dipicu karena para pelaku terlebih dahulu mengkonsumsi miras” kata Kapolres. “Ada beberapa kejadian seperti perkelahian massal, pengeroyokan maupun kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada malam tahun baru sebelumnya bersumber pada konsumsi miras. Untuk itu, mulai hari ini sampai perayaan tahun baru, kita rencanakan untuk terus melakukan razia terutama yang berkaitan dengan peredaran miras” lanjut orang nomor satu di kepolisian Wonosobo tersebut.

Penggrebekan di Tempat Pembuatan Miras Tradisional

Penggrebekan di Tempat Pembuatan Miras Tradisional

Kapolres juga menambahkan, kerawanan lain yang nyata adalah banyak dari miras yang beredar di pasaran merupakan miras oplosan atau miras tradisional yang sangat berbahaya bagi orang yang mengkonsumsinya. “Di wilayah lain ada beberapa kasus keracunan miras. Kami tidak menginginkan hal seperti itu terjadi di Wonosobo. Terlebih lagi wilayah Wonosobo cukup dikenal sebagai pembuat miras tradisional dari sadapan nira yang difermentasi yang kita kenal sebagai ciu atau tuak” terangnya.

Ratusan Liter Miras Tradisional disita

Ratusan Liter Miras Tradisional disita

“Antisipasi kita bukan hanya pada peredaran miras saja. Namun juga pada potensi terjadinya pelanggaran lalu lintas yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas” ujar Kapolres. “Untuk itu, pada kesempatan tadi, kita juga laksanakan kegiatan razia di jalan. Hasilnya cukup mencengangkan. Kita berhasil menilang 104 pelanggar dengan dominasi pelanggaran yaitu tidak menggunakan helm” kata Kapolres. “Hal ini tentu menjadi pembelajaran kita bersama. Bahwa keengganan para pengendara sepeda motor menggunakan helm terutama pada malam hari dapat berakibat fatal. Karena justru di malam hari, dengan kondisi wonosobo yang cenderung gelap dan sering turun kabut, potensi terjadinya kecelakaan menjadi semakin besar” lanjutnya.

Razia Kendaraan

Razia Kendaraan

Saat disinggung mengenai harapan pada saat perayaan tahun baru, Kapolres mengungkapkan bahwa hanya ingin semuanya berjalan dengan aman dan kondusif. “Saya percaya bahwa aman itu harus kita ciptakan bersama. Untuk itu, kami tidak segan – segan melakukan penegakan hukum terhadap potensi ancaman pada saat perayaan malam tahun baru” katanya. “Penindakan itu dapat berupa tipiring, tilang atau bahkan penyidikan tindak pidana. Selain KUHP dan undang – undang lalu lintas, kami juga akan menjerat para pelaku terutama yang mengedarkan miras illegal dengan Perda maupun undang – undang kesehatan. Hal ini memungkinkan kami untuk menjerat setiap pelaku” terang Kapolres. “Semoga seluruh lapisan masyarakat dapat membantu kami menciptakan situasi keamanan yang kondusif sehingga kita bersama dapat merayakan malam tahun baru 2016 dengan aman dan nyaman” tutupnya.

6 Trackbacks & Pingbacks

  1. POLRES WONOSOBO SITA (LAGI) RATUSAN BOTOL MINUMAN KERAS | Tribrata News Polisi Resor Wonosobo
  2. TRIBRATA – Polres Wonosobo Sita (Lagi) Ratusan Botol Minuman Keras
  3. Bdsm
  4. hasil un sd jakarta
  5. trader werden
  6. invitro pharamacology services

Comments are closed.