Polsek Mojotengah Amankan Kegiatan Festival Yanbu’a Yang Diikuti Ribuan Santri dan Ustadz

Aparat Kepolisian Sektor Mojotengah Polres Wonosobo Polda Jateng melaksanakan kegiatan pengamanan acara Festival Santri dan Ustadz/ustadzah metode Yanbu’a se Kabupaten Wonosobo. Pada Minggu (4/2/2018) pagi hingga sore.

Kegiatan yang berlangsung dikampus UNSIQ Wonosobo jalan Kalibeber, Mojotengah tersebut diselenggarakan oleh Lajnah Muroqobah Yanbu’a (LMY) Kabupaten Wonosobo dan diikuti sekitar 4250 santri, ustadz/ustadzah dari TPQ, Madin, Majelis Ta’lim dan Ponpes se-Kab. Wonosobo yang tergabung dalam LMY Kab. Wonosobo

Pada acara pembukaan, koordinator LMY Kabupaten Wonosobo Ustad Ahmad Muzan, M.Pd.I., dihadapan para santri dan ustadz, menjelaskan bahwa metode Yanbu’a adalah satu-satunya metode baca al-Qur’an yang menggunakan tulisan Rosm Utsmaniy asli sebagaimana tulisan al-Qur’an yang tersebar luas di daerah Timur Tengah. Metode ini dibuat oleh para ulama besar yang terdiri dari KH. Ulin Nuha Arwani, KH. Ulil Albab Arwani, KH. M. Manshur Maskan (Alm) dan lain-lain. Kegiatan ini merupakan manistasi kecintaan kita kepada Al Qur’an dan sekalaigus tanggung jawab terhadap peradaban umat islam dan bangsa Indonesia dalam membangun generasi yang unggul.

Festival Yanbu’a yang menjadi agenda rutin Lajnah Muroqobah Yanbu’a (LMY) Wonosobo ini meliputi kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Hifdzil Qur’an (lomba seni baca dan menghafal al-Qur-an), Khottil Qur’an, menggambar, karikatur, karya ilmiah Al Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an,  23 jenis perlombaan lainnya.

Demi kelancaran acara tersebut tiga personil Polsek Mojotengah dipimpin Kanit Binmas Aipda Azis Wahyudi, S.H., melaksanakan pengaturan arus lalulintas dan pengamanan di lokasi berlangsungnya kegiatan.

(Humas Polsek Mojotengah)