Polsek Mojotengah Polres Wonosobo Sigap Datangi Lokasi Bencana Tanah Longsor, Satu Dusun Terisolir

Hujan deras yang turun selama empat hari menyebabkan jalan penghubung menuju ke Dusun Kalibenda, Desa Pungangan, Kecamatan Mojotengah terputus. Bencana tanah longsor tersebut terjadi pada hari Minggu malam (7/1) setelah sholat magrib.

Kejadian tersebut diketahui warga masyarakat setelah melaksanakan sholat magrib berjamaah di masjid dusun setempat, dikejutkan dengan suara ledakan. Kemudian warga mencari dan menuju sumber suara sehingga diketahui sumber ledakan adalah sekring di tiang jaringan listrik yang meledak.

Begitu mendapat informasi dari Kades setempat sesaat setelah kejadian, anggota Polsek Mojotengah Polres Wonosobo Polda Jateng dipimpin Kanit Provos Bripka Aris Ps beserta 3 anggota mendatangi TKP dan pengamanan lokasi serta memastikan tidak ada korban jiwa.

Setelah tiba dilokasi longsor yang jaraknya 50 meter dari dusun setempat, Bripka Aris mengatakan bahwa tebing yang berdekatan dengan tiang listrik ditepi jalan mengalami longsor dengan lebar sekitar 12 meter dengan kedalaman 15 meter, jalan aspal menuju dusun tinggal jalan setapak.

Atas kejadian tersebut mengakibatkan warga yang berjumlah 40 KK terdiri dari 200 jiwa mengalami kesulitan air bersih, listrik padam, jalur air irigasi mati serta jalan menuju dusun terisolasi untuk kendaraan bermotor. Meskipun jalan kelihatan agak lebar tetapi tidak bisa dilalui kendaraan bermotor karena  dibawah jalan terdapat rongga.

” Tadi malam begitu mendapat informasi tanah longsor, anggota langsung mendatangi TKP, antisipasi ada longsor susulan dan pastikan tidak ada korban jiwa. Pagi hari ini anggota kami gerakkan untuk kerja bhakti bersama warga masyarakat, untuk menyingkirkan ranting pohon dan longsoran tanah yang berserakan”, tutur AKP Ismanta, S.H.

Hingga pagi sehari setelah kejadian,  petugas PDAM maupun PLN datang ke lokasi untuk perbaikan jaringan sememtara.

( Humas Polsek Mojotengah )