Polsek Watumalang Beri Pelatihan Untuk Tingkatkan Kemampuan Linmas

Kanit Binmas Polsek Watumalang Ipda Imam Santoso beri pembinaan Linmas Desa Banyukembar.

Brigadir Galih memberi contoh aba-aba dalam pengaturan lalulintas kepada Linmas.

Polsek Watumalang Senin, 29 Januari 2018. Pertahanan Sipil ( Hansip ) yang sekarang lebih dikenal dengan nama Linmas ( Perlindungan Masyarakat ) merupakan salah satu komponen pendukung dalam konsep pertahanan negara.

Dalam proses berdirinya, Linmas yang semula bersifat pertahanan dan keamanan berubah menjadi membantu dalam pengamanan lingkungan. Proses pembinaan Linmas berada dibawah Pemda melalui Satuan Pamong Praja ( Pol PP ) sesuai dengan UU No.32 tahun 2004 yang menyatakan urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemda Provinsi, Kabupaten/ Kota, meliputi penyelengaraan umum dan ketentraman masyarakat termasuk didalamnya perlindungan masyarakat.

Kemajuan ilmu dan teknologi serta berkembangnya suatu wilayah tanpa disadari juga meningkatkan kompleksitas permasalahan di masyaraka. Sebagai mitra Polri, kehadiran sosok Linmas ditengah masyarakat sangat membantu tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas diharapkan dapat menjadi pelopor Pengamanan Swakarsa yang berbasis kemasyarakatan dalam upaya cegah tangkal terhadap gangguan lingkungan.

Meski pembinaan linmas berada dibawah Pemda dalam hal ini Pol PP, secara berkala Kepolisian Sektor Watumalang bekerja sama pemerintah kecamatan atau desa juga memberikan pelatihan-pelatihan kepada linmas seperti latihan baris-berbaris dan pengaturan lalulintas.
Latihan berbaris diajarkan karena selain melatih ketahanan fisik didalamnya juga terkandung nilai-nilai kedisiplinan. Latihan pengaturan lalulintas diberikan dengan mengenalkan aba-aba dalam mengatur lalulintas yang dapat berguna saat linmas membantu Polri dalam pengamanan kegiatan kemasyarakatan.

Pelatihan yang diberikan kepada Linmas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Linmas dalam mengetahui latar belakang timbulnya gangguan di masyarakat serta dapat mengantisipasi perkembangan situasi yang dapat mempengaruhi keamanan dan ketertiban masyarakat secara arif dan bijaksana serta meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas dalam penyelenggaraan Pam Swakarsa antara Linmas dengan Polri. ( by.ssg ).