Siap Amankan Pemilu, Polres Wonosobo Gelar Apel Pergeseran Pasukan

 

Pesta Demokrasi di Indonesia secara serentak pada tahun ini merupakan hal baru bagi masyarakat. Bagaimana tidak, selain memilih presiden, masyarakat juga harus memilih calon legislatif yang akan duduk di pusat, provinsi maupun Kabupaten. Polri sebagai unsur pengamanan sejauh ini sudah melakukan berbagai upaya demi terjaganya keamanan dan ketertiban.

Terkait upaya pengamanan pemilu tahun ini, Polres Wonosobo juga telah melaksanakan rangkaian kegiatan untuk mendukung terwujudnya pesta Demokrasi yang aman dan berdaulat. Salah satunya pelaksanaan apel pergeseran pasukan yang dilaksanakan Senin (15/4) pagi tadi. Apel tersebut menjadi awal dimulainya pengamanan masa tenang, dan pengamanan pungut suara di TPS setiap kecamatan.

Sebanyak 573 anggota Polres akan melaksanakan pengamanan pemungutan suara baik di TPS langsung maupun hanya patroli di wilayah Kab. Wonosobo. Kapolres Wonosobo, AKBP Abdul Waras, S.I.K. dalam amanatnya menyampaikan agar anggota agar selalu ikhlas dan sungguh-sungguh dalam menjalani tugas kepolisian.

“Laksanakan pengawalan kotak suara dari PPK menuju PPS, sesampainya di PPS koordinasikan dengan TNI dan Linmas serta petugas PPS dalam hal pengamanan. Bukan hanya pengamanan dari human eror, tetapi juga harus aman dari rusak, baik karena air hujan maupun tikus. Kawal dari PPS menuju TPS dan bersama TNI, Linmas dan anggota KPPS,” jelas Kapolres.

“Polri sebagai pengamanan dilarang keras masuk ke dalam TPS kecuali diminta bantuan oleh anggota KPPS,” lanjutnya.

Menurut Kapolres, wilayah kabupaten Wonosobo termasuk dalam kategori aman, sehingga dua Polisi bisa mengamankan 10 s/d 15 TPS tentunya dibantu Linmas dan TNI. Akan tetapi karena faktor geografis, letak TPS satu dengan yang lain biaa berjauhan. Bahkan ada satu PPS yang hanya bisa dijangkau perahu kecil saja. Terkait hal tersebut Kapolres meminta anggota agar serius selama 5 hari pelaksanaan tugas ini.

Setelah pelaksanaan apel, seluruh kelengkapan dan sikap tampang anggota juga diperiksa untuk memastikan tugas 5 hari di TPS maksimal.