Silaturahmi Kebangsaan Kapolsek Watumalang Polres Wonosobo Dengan Toga

Tribatanewswonosobo.com- Radikalisme‚Äč mempunyai kata dasar radikal yang menurut kamus besar bahasa indonesia memiliki beberapa arti, yaitu secara mendasar ( sampai kepada hal yang prinsip ); keras menuntut sebuah perubahan ( undang-undang, pemerintahan ); maju dalam berpikir atau bertindak. Radikalisme bisa diartikan sebuah paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis.

Efek dari radikalisme tidak hanya berbahaya untuk masyarakat tetapi juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena gerakan radikalisme bisa merusak keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ). Salah satu pencegahan radikalisme bisa dilakukan melalui pendekatan secara personal kepada pimpinan suatu aliran atau organisasi. Pendekatan diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk mencegah berkembangnya suatu paham atau aliran menuju ke arah radikal ataupun membentengi suatu paham atau aliran dari pengaruh luar yang mempunyai pengaruh tidak baik ( radikal ).

Bertepatan dengan hari lahir Pancasila, Kapolsek Watumalang AKP Sumanto melaksanakan sambang atau silaturahmi ke rumah tokoh agama dusun Siwatu desa Bumiroso, Kyai Muslim dan Gus Rosun (1/6). ” Silaturahmi ini untuk menjaga hubungan yang sudah terjalin baik. Kami saling bertukar pikiran tentang wawasan kebangsaan, menumbuhkan rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air, bagaimana membentuk bangsa yang kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh paham atau ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa karena kita tahu bahwa negara Indonesia tidak hanya diperjuangkan oleh satu golongan saja “, jelas AKP Sumanto. (by.ssg)