Tetes Mutiara Penyejuk Kalbu Oleh Bripka Kabul Amanto, S. Ag. (Kasi Humas Polsek Wadaslintang Polres Wonosobo) : SEMUA MANUSIA ITU BERSAUDARA

tribratanewswonosobo.com – Ukhuwah Islamiyah pada hakikatnya merupakan salah satu perintah Alloh SWT. Penjabarannya, dalam kehidupan sehari-hari, kita lebih mengenal sebagai Persatuan dan Kesatuan. Kita ketahui bersama bahwa dalam kehidupan bermasyarakat sangat rentan terjadinya gesekan maupun permasalahan. Bukan hanya disebabkan oleh permasalahan yang bersar maupun fundamental. Terkadang hanya sebuah permasalahan sepele dapat memecah persatuan masyarakat. Contoh pernah ada kejadian tawuran antara 2 kampung hanya karena saling tatap. Ya. Hanya karena saling tatap dan dianggap sebuah tantangan. Untuk itu, perlu adanya kesadaran bersama untuk menciptakan ukhuwah islamiyah sebagai sebuah landasan kehidupan.

Dalam tugas pokoknya, sebagai pelayan pelindung dan pengayom masyarakat serta penegak hukum, yang tentunya betul-betul harus dirasakan oleh masyarakat sebagai sosok humanis serta dekat dengan masyarakat. Langkah penerapan ukhuwan islamiyah benar-benar dilaksanakan oleh jajaran Kepolisian. Hal ini demi menciptakan suasana yang mantap dan kondusif di tengah masyarakat.

Pada dasarnya sesama muslim adalah saudara sesuai firmanNya dalam surat (Al-Ĥujurāt):10 – Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Oleh karenanya kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersikap dewasa yaitu siap menghadapi setiap perbedaan yang ada di tengah masyarakat, seperti perbedaan aliran keagamaan ( NU, Muhammadiyah, LDDI, dll). Karena dengan menghormati perbedaan itu, hidup kita dapat menjadi lebih bermakna. Silahkan berbeda tetapi tetap saling menghormati, jangan saling menghina, jangan saling menyalahkan dan tidak merugikan satu dengan lainnya. Rasullulah pernah manyatakan bahwa umat islam akan terbagi menjadi beberapa puluhan aliran. Namun hanya satu aliran yang betul-betul benar yaitu ahlussunnah wal jamaah. Penegasannya adalah Rasullulah tidak pernah menyatakan aliran yang lain sesat. Hanya tidak betul-betul benar. Karena setiap aliran menyatakan dirinya sebagai yang paling benar, maka jalankanlah aliran yang anda pilih dengan semangat kebenaran. Jangan pernah mempersalahkan atau justru menganggap bahwa aliran lain sebagai aliran sesat. 

Sebagai pesan penutup ceramah, perbedaan jangan di jadikan pengahalang justru dengan perbedaan itu lebih merupakan rahmat dan kekayaan keilmuan untuk kita semua umat islam. Mari kita ciptakan persatuan dan kesatuan bangsa dengan landasan ukhuwah islamiyah diatas semua perbedaan yang ada.

IMG_20160318_123213

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. Corporate Event Managers in Hyderabad
  2. www.cpns2016.com Info Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id
  3. friv 2

Comments are closed.