Tidak Pakai Helm dan Tanpa Spion. Polsek Watumalang Beri Pembinaan Siswa.

Kapolsek Watumalang Iptu Purwanto saat memberi pembinaan kepada siswa SMAN 1 Watumalang.

Bertempat di halaman sekolah SMAN 1 Watumalang pukul 08.00 Wib dengan didampingi Kepala Sekolah serta guru pembimbing, Kapolsek Watumalang Iptu Puwanto bersama Kanitbinmas Ipda Imam Santoso memberikan pembinaan kepada para siswa tentang keselamatan lalu lintas jalan. Selasa (6/2).

Pembinaan dilakukan karena Polsek menerima informasi bahwa siswa yang berangkat ke sekolah dengan mengendarai sepeda motor kurang memperhatikan faktor keselamatan dalam berkendara.

“Kecelakaan itu tidak hanya terjadi di jalan raya yang ramai tapi di jalan kampung pun jika tidak memperhatikan keselamatan bisa fatal akibatnya”, kata Kapolsek kepada para siswa.

Kenapa keselamatan berkendara penting dan mengapa? Iptu Purwanto menjelaskan, bahwa keselamatan berkendara bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan karena jumlah angka kecelakaan lalu lintas di jalan lebih tinggi dari pada lalu lintas udara, laut atau kereta api. Dan sepeda motor menjadi penyumbang utama meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya, ini bisa dilihat dari hampir sebagian besar korban kecelakaan adalah para pengguna sepeda motor.

Lebih lanjut Purwanto menjelaskan, pada dasarnya banyaknya kecelakaan lalu lintas jalan tidak hanya dipengaruhi oleh banyaknya jumlah kendaraan yang belum dibarengi dengan pengembangan infrastruktur pendukung angkutan jalan tapi lebih ke bagaimana para pengguna jalan dapat mempersiapkan keselamatan sebelum, selama, setelah berkendara maupun kelayakan kendaraan. Penggunaan helm berstandard SNI, modifikasi kendaraan yang tetap memperhatikan faktor keselamatan, parkir kendaraan dengan baik saat sampai tujuan jangan sampai membahayakan pengguna jalan lain serta memperhatikan batas kecepatan dan tidak asal mendahului.

“STNK sepeda motor dan SIM C harus dibawa. SIM C adalah bukti sudah kalau sudah diperbolehkan untuk naik sepeda¬† motor”, terang Kapolsek.

Berbicara tentang kedisiplinan dalam berlalulintas memang tidak semudah membalikan telapak tangan, diperlukan pembinaan yang berkelanjutan sehingga para siswa benar-benar paham arti keselamatan lalu lintas jalan dan bisa menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas. (by. ssg)