WAKA POLRES WONOSOBO CEK KONDISI SENJATA

WAKA POLRES WONOSOBO CEK KONDISI SENJATA

Waka Polres Wonosobo KOMPOL PRANANDYA SUBIYAKTO. S.H., M.Hum.  melakukan pengecekan senjata yang di pinjam pakai anggota guna mengetahui apakah kondisinya baik atau tidak, demi pengamanan terutama saat bertugas.

“Akhir-akhir ini banyak pemberitaan perihal perampokan bersenjata dan kami tidak ingin itu terjadi di Wonosobo. Untuk itu, kami persiapkan guna melindungi masyarakat dan para anggota yang melaksanakan patroli,” katanya kepada wartawan setelah pemeriksaan senjata di Mapolres Wonosobo, Selasa tanggal 7 Juli 2015.

Untuk melaksanakan pemeriksaan senjata hari ini, Kapolres Wonosobo AKBP Aziz Andriansyah. S.H., M.Hum. memerintahkan saya dan Kasubbag Sarpras serta Kasi Propam, terang Waka. Ia menambahkan, pemeriksaan senjata perlu dilakukan. Kondisi senjata harus bagus dan siap digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Hal itu juga membantu petugas ketika menghadapi penjahat. Seperti kejadian penangkapan kasus pencurian di kecamatan kertek. Pihaknya mengaku, sengaja melakukan pemeriksaan senjata. Ia ingin melakukan analisis kekuatan anggota, termasuk mengetahui kesiapan anggota dalam hal menggunakan senjata api. Selain memastikan kondisi senjata anggota, sebagai antisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi pada anggota, Waka  juga mengecek senjata yang berada di gudang, baik yang berada di gudang Mapolres maupun Mapolsek.

Menyinggung hasil temuan dari pemeriksaan senjata api, Waka Polres memastikan bahwa senpi milik anggota Polres Bangka semua dalam keadaan baik,”dari hasil pengecekan dapat dipastikan semua dalam keadaan baik, baik fisik senjata maupun amunisi serta surat kepemilikan semua dapat dikatakan sesuai dengan fungsinya,” hanya saja ada beberapa anggota yang mengganti gagang pegangan senjata, tapi itu sudah kami tarik dan saya perintahkan diganti sesuai aslinya.

Saat memberikan pengarahan Waka meminta anggota yang membawa senjata api untuk mengecek kondisinya dan selalu dibersihkan. Hal itu demi mencegah senjata berkarat, sehingga ketika digunakan tidak melukai pemiliknya. Waka Polres menerangkan bahwa senjata api milik anggota Polri biasanya dilakukan secara berkala,” pengecekan senjata api milik anggota biasanya dilakukan secara berkala yaitu 6 bulan satu kali,” Terangnya. Pemeriksaan kali ini juga bentuk persiapan Polres Wonosobo dalam menghadapi Operasi Kemanusiaan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2015 yang sering kita sebut OKC (Operasi Ketupat Candi). Selain pemeriksaan senjata, juga sudah didahului pemeriksaan sikap tampang anggota serta kelengkapan surat-suratnya. dalam waktu dekat juga akan dilakukan pengecekan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan yang oleh Kapolres sudah diperintahkan untuk segera di pasang.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. DMPK Studies

Comments are closed.