Waka Polsek Kejajar pimpin Pam Kirap 1 Suro Warga Dieng

Kebersamaan antara Warga berbagai Umat beragama sesuatu yamg istimewa untuk menunjukan kesoliditan jiwa Pancasila. Itu di tunjukkan oleh Masyarakat Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Kab. Wonosobo Jawa Tengah walau langit mendung agak gelap di karenakan habis turun hujan disertai hembusan angin sepoi sepoi dengan membawa membawa kabut menambah udara di dataran tinggi Dieng dingin sekali disamping ketinggian Desa Dieng diatas 2.500 m diatas permukaan air laut, tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk melakukan serta menguri – uri  Tradisi Baritan dalam rangka menyambut dan memperingati malam 1 Suro 1439 Hijriyah.

Tradisi baritan dalam rangka menyambut dan memperingati malam 1 Suro 1439 Hijriyah tahun ini memang agak meriah karena ada ritual baru yaitu mengarak tumpeng dengan kelengkapannya seperti jajanan pasar juga  ingkung Ayam jawa ditambah Gunungan hasil Bumi yang di kawal ketat oleh Anggota Polsek Kejajar yang di Pimpin oleh Waka Polsek Kejajar Iptu Haryadi bersama 3 Anggota, dimana arak arakan tersebut dimulai dari Bale Desa Dieng dan mengelilingi dusun Dieng berakhir di depan rumah Tetua adat Desa mbah Ruswanto.Rabu malam, 20/09/17.

Sebagai Kepala Desa juga Sesepuh Mardi Yuwono mengatakan, Peringatan Baritan dalam rangka menyambut malam 1 Suro dengan mengarak Tumpeng dan Uba rampe juga Gunungan Hasil Bumi ini adalah menunjukan Masyarakat Desa Dieng  mewujudkan rasa Syukur atas diberikan panen hasil bumi yang melimpah dan tanah yang subur dengan harapan semoga di tahun Baru 1 Hijriyah ini kedepan akan lebih baik, tandasnya.

Setelah di doakan bersama yang di Pimpin oleh bapak Kaum Desa Dieng akhirnya Gunungan hasil bumi menjadi rebutan oleh masyarakat yang hadir untuk mengalap berkah biar hasil bumi tahun depan tampah melimpah, serta dilanjutkan  memakan Tupeng yang telah di sediakan masyarakat dengan kebersamaan menambah guyub rukun antar warga, dalam kegiatan tersebut dengan pengamanan yang ketat pelaksanaan tradisi berjalan aman, lancar dan tertib.