Wakapolres Wonosobo Pimpin upacara HUT Satpam Ke-39

Upacara dalam rangka HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-38 tahun 2018 mengusung tema “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Dan Terjaminnya Keamanan Di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”, berlangsung di halaman Mapolres Wonosobo, Rabu (22/1) pagi.
Wakapolres Wonosobo Kompol Sopanah, S.I.K., menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., saat menjadi Inspektur pada Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satpam Ke-39 tingkat Kabupaten Wonosobo mengatakan kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, personel Satuan Pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi. Dengan demikian, eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing.
Dijelaskan, untuk mewujudkan postur Satpam yang semakin unggul dan profesional, maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal, di antaranya proses perekrutan yang selektif, serta peningkatan kapasitas yang berkualitas, baik pada kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya, maupun Gada Utama. Upaya ini membutuhkan kerja sama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang industrial security.
“Peringatan HUT Satpam ini diharapkan sebagai momentum untuk evaluasi kinerja sekaligus refleksi pemuliaan profesi Satpam,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, Wakapolres Wonosobo juga memberikan penghargaan kepada satpam yang dianggap berprestasi.
Pihaknya berpesankepada seluruh anggota satuan pengamanan untuk semakin bersemangat mengembangkan potensi diri demi terjaganya situasi kamtibmas yang kondusif.