WONOSOBO SIAP TANGGAP BENCANA

Apel Gelar Kekuatan Tanggap Bencana Kabupaten Wonosobo Apel Gelar Kekuatan Tanggap Bencana Kabupaten Wonosobo

Musim hujan yang mulai menghampiri wilayah wonosobo membuat Tim Tanggap Bencana Kabupaten Wonosobo siap sedia. Seperti yang dilaksanakan di Lapangan Mapolres Wonosobo pada hari Kamis tanggal 18 Pebruari 2016 pagi. Tim yang terdiri dari gabungan dari Polres, Kodim 0707, Satpol PP, Linmas, BPBD, SAR dan Pemadam Kebakaran Wonosobo melaksanakan apel sekaligus pengecekan peralatan sebagai sarana kesiapan tanggap bencana.

Kasatpol PP mencoba alat pengungkit portabel

Kasatpol PP mencoba alat pengungkit portabel

Dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota tim gabungan tersebut merupakan salah satu wujud kesiapan Kabupaten Wonosobo dalam menghadapi musim penghujan yang biasanya diwarnai dengan adanya bencana alam. Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum. selaku pimpinan apel dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut serta dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk kesiapan menghadapi bencana. “Bencana adalah suatu hal yang tidak dapat kita tolak kehadirannya. Namun saya yakin kita bisa bersepakat bahwa kita dapat melakukan upaya yang dibutuhkan untuk melakukan pencegahan” ungkap Kapolres.

Meski sudah lanjut usia, petugas SAR ini tetap semangat

Meski sudah lanjut usia, petugas SAR ini tetap semangat

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengajak seluruh stakeholder untuk menyiapkan pos terpadu di tiap – tiap wilayah yang rawan bencana. “Di pos tersebut dapat kita tempatkan peralatan tanggap darurat. Sehingga pada saat terjadi bencana alam, dapat ditangani secara cepat” lanjutnya. “Kita juga perlu lakukan inventarisir dan ploting personil secara tepat dan akurat untuk menghindari terjadinya saling lempar tugas penanganan” tandasnya.

Kapolres memeriksa kesiapan personel dan peralatan SAR

Kapolres memeriksa kesiapan personel dan peralatan SAR

Seusai kegiatan apel, acara kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan peralatan yang dapat dimiliki oleh Kapolres beserta tamu undangan. Secara umum, peralatan yang dimiliki tersebut siap digunakan untuk penanganan bencana alam. Anggota SAR Wonosobo Mahendra CS mengungkapkan bahwa banyaknya peralatan yang dimiliki akan terasa sangat sedikit bila terjadi bencana. “Peralatan ini memang sepertinya banyak pak. Namun ini masih kurang.” Katanya kepada Kapolres. “Yang terpenting kita inventarisir dulu. Mana yang baik, mana yang rusak ringan dan mana yang tidak bisa terpakai lagi. Nanti kita usahakan bersama – sama untuk melengkapi. Sehingga kita benar – benar siap. Kita memang tidak megharapkan terjadi bencana alam. Namun yang terpenting, kita selalu siap” jawab Kapolres.       

 

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. whatisslicethepieabout
  2. TS TV Escorts from London

Comments are closed.