14 HARI. SATLANTAS WONOSOBO AKAN TINDAK SEMUA PELANGGAR LALU LINTAS

Polres Wonosobo Polda Jateng – Terhitung mulai tanggal 16 sampai dengan 29 Nopember 2016, Satlantas Polres Wonosobo akan menggelar Operasi Kepolisian dengan sasaran penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas. Kegiatan dengan sandi Operasi Zebra Candi 2016 ini akan menyasar seluruh pelanggaran yang dilakukan oleh semua pengguna jalan di Kabupaten Wonosobo.

Kapolres Wonosobo AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum. melalui Kasatlantas AKP Nur Saja’ah, S.H. menuturkan bahwa untuk menciptakan keamanan dan keselamatan di jalan raya, pihaknya akan menggelar Operasi Zebra Candi 2016 dengan titik berat penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas. “Sesuai dengan tugas kami dalam Inpres No 4 tahun 2013 tentang Dekade Aksi Keselamatan yaitu Pilar ke-4, Polri bertanggungjawab dalam pembinaan pengguna jalan agar berkeselamatan. Salah satu langkahnya adalah dengan melakukan penindakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas baik berupa tilang maupun teguran,” katanya.

WhatsApp Image 2016-11-16 at 15.12.27

“Dan sesuai dengan sasaran Operasi Zebra yang dilaksanakan di seluruh Indonesia ini, setiap pelanggaran lalu lintas akan langsung kami lakukan penindakan,” lanjutnya. “Kenapa setiap pelanggaran ? Karena sebuah kecelakaan terjadi karena adanya pelanggaran yang berulang. Sehingga diharapkan, jika kami lakukan penilangan, para pelanggar akan sadar dan tidak kembali melakukan pelanggaran yang dapat berujung kecelakaan lalu lintas,” terang AKP Nur.

Berdasarkan data yang dihimpun selama 5 tahun terakhir, jumlah penindakan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas selalu berbanding terbalik. “Oleh itu kami berasumsi, jika kami intensif melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas, maka angka kecelakaan akan menurun. Itulah tujuan akhirnya,” ujar Kasatlantas.

WhatsApp Image 2016-11-16 at 15.12.27 (3)

Saat disinggung mengenai perilaku pengguna jalan di Wonosobo, Kasatlantas menjelaskan bahwa secara umum sudah cukup baik. “Namun masih banyak juga yang tidak mengindahkan keselamatan dengan bebagai alasan. Oleh karenanya saya menghimbau, agar momen Operasi Zebra ini digunakan warga masyarakat untuk membudayakan tertib berlalu lintas,” tuturnya.

“Pastikan kondisi fisik siap berkendaa dan semua kelengkapan seperti helm, jaket, sepatu, SIM serta STNK telah dibawa. Pastikan pula kendaraan anda siap digunakan. Dan yang paling penting, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas agar tetap selamat sampai tujuan,” pungkas Kasatlantas.

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Dungeon
  2. mastertrader

Comments are closed.