3.4 JUTA UPAL DISITA SAT RESKRIM POLRES WONOSOBO

3.4 JUTA UPAL DISITA SAT RESKRIM POLRES WONOSOBO

Ancaman Penjara 10 sampai 15 tahun menanti Aminudin (29 tahun) Warga Labuhan batu Sumatera Utara. Aminudin ditangkap karena mengedarkan/memakai uang palsu untuk menebus sepeda motor yang ia gadaikan. Jum’at (11/12/2015)

DSC_0833

Saat melaksanakan patroli dialogis dalam rangka menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban pasca pilkada, mendapatkan informasi bahwa ada warga yang mendapatkan uang palsu (Upal)  3.4 juta rupiah. TN warga Tiyoso, Tlogo, Sukoharjo Wonosobo yang mendapatkan uang palsu tersebut dari sdr Aminudin.

DSC_0865

Menurut TN, ia mendapatkan uang palsu dari AS dan RS atas perintah dari Aminudin dengan jalan AS dan RS disuruh mengambil motor milik Aminudin yang digadaikan tempat saya. Tadinya saya bantu karena menurut aminudin sedang butuh uang, makanya saya pinjami uang kok malah di balas kaya gini” terang TN

Dalam penyelidikan yang dilakukan oleh jajaran sat Reskrim diketahui upal yang ditempat TN dapat di pastikan berbeda dengan uang asli, selanjutnya Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Wonosobo yang dipimpin AKP Suharjono, S.H. melakukan pengejaran terhadap tersangka Aminudin. Pada hari itu juga Jum’at (11/12/2015) pukul 17.00 Wib tersangka ditangkap di pangkalan ojek di wilayah Kecamatan Sukoharjo (Tersangka menginap di tempat saudara di Sukoharjo).

 

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas , Aminudin mengaku bahwa dia mendapatkan uang dari SG (DPO) dengan kesepakatan 1:2.5 (Uang asli 1.5 Juta mendapat 4jt uang palsu). Aminudin dapat mengenal SG yang beralamat di Magelang, saat aminudin menelpon temannya yaitu sdr SHD yang berada di Kalimantan, Aminudin menceritakan kalau lagi butuh uang untuk menebus sepeda motornya yang ia gadaikan. Dari perbincangan tersebut, temannya memberikan solusi untuk menukarkan uang palsu, kemudian dikenalkan dengan SG (dengan memberikan nomor telephon SG).

3.4 JUTA UPAL DISITA SAT RESKRIM POLRES WONOSOBO

3.4 JUTA UPAL DISITA SAT RESKRIM POLRES WONOSOBO

Saat ditanya perihal uang palsu yang belum digunakan (Rp. 600.000.-) tersangka mengku kalau telah membakarnya.” Saya takut makanya saya bakar” jelas tersangka.

Kapolres Wonosobo Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum. membenarkan penangkapan tersangka Aminudin. Berdasarkan analisa kasus dan alat bukti serta persesuaian keterangan para saksi, tersangka telah diduga melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam pasal 36 ayat (2) Jo pasal 26 ayat (2) UU No 7 tahun 2011 dengan ancaman pidana 10 tahun penjara atau denda setinggi tingginya 10.000.000.000 atau pasal 36 ayat (3) jo pasal 26 ayat (3) Undang-undang Republik Indonesia nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman pidana 15 tahun penjara atau denda setinggi tingginya 50.000.000.000,-

DSC_0870

Saat ini tersangka di amankan di Tahanan Mapolres Wonosobo beserta barang bukti berupa 68 lembar uang palsu pecahan Rp. 50.000.-“tutup Kapolres.

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. lowongan kerja bank 2017
  2. binaural
  3. invitro pharamacology

Comments are closed.