Dengan Swadaya, 150 Juta Rupiah Dihabiskan Bangun Pos Kamling

Tribratanewswonosobo.com-Satu setengah bulan yang lalu , secara serentak Delapan Dusun di Desa Gondowulan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo membangun 14 Pos Kamling secara swadaya.  Desa yang berpenduduk  4.643 ini merasa bahwa Pos Kamling adalah sarana pokok untuk memenuhi kebutuhan dasar  manusia, yakni hidup  yang aman dan nyaman.  Atas pembinaan dari Bhabinkamtibmasnya Bripka Gigih Setyaji, Pos Kamling mampu dibangun dengan dana swadaya masyarakat yakni seratus lima puluh Juta Rupiah !

Adalah angka yang fantastik buat Desa pelosok yang berbatasan dengan Kecamatan Kalibawang ini, yang nota bene masuk dalam Desa miskin. Daerah yang berbukit-bukit, yang rata-rata  penduduknya berpenghasilan dari bertani tanah kering dan buruh, mampu secara kompak berswadaya demi  keamanan.  Tidak hanya semangat membangun Pos Ronda yang nampak, tetapi semangat ronda malam dan kegotongroyongannya yang mulai sangat kental.  Sehingga setiap malam, meski Pos Kamling belum sempurna, warga bergiliran nongkrong ronda malam di Pos Ronda, sambil berkeliling gang ke gang. 

Jika  warga ditanya nomor HP Bhabinkamtibmasnya, Bripka Gigih Setyaji, ternyata semua mengakses dalam daftar nomor telepon  dalam HPnya. Program SMS CALL BHABINKAMTIBMAS  hampir seluruh warga Desa Gondowulan telah paham. Warga telah mengerti harus bagaimana jika ada sesuatu kejadian baik pidana maupun non pidana.  Hal ini telah dibuktikan, ketika warga Desa Gondowulan melihat DPO pengeroyokan an, Ahmad Sodik al. Codot melintas, maka Bhabinkamtibmasnya ditelepon yang akhirnya tertangkap. 

Perlahan trust buillding  ditumbuhkembangkan sebagai sarana untuk merebut kepercayaan publik. Dari pertemuan ke pertemuan, dari pentas-pentas budaya, dari kegiatan-kegiatan olah raga pemuda, dari pengajian ke pengajian, semua diikuti dengan baik oleh Bripka Gigih Setyaji. Dan hal ini dapat dirasakan sekali oleh warga Desa Gondowulan. Pada muaranya, Kepolisian secara umum akan merasakan dampaknya. 

Kepala Desa Gondowulan Edy Supraptoyo kepada tribratanewswonosobo.com menyatakan ,” Bhabinkamtibmas sangat membantu tugas-tugas kami, terutama memotivasi dan memberi contoh dalam hidup bermasyarakat. Membangun gotong royong, membangun kekompakan, memberi pemahaman tentang keamanan dan persatuan,” kata Edy, ” Kita bangga memiliki sosok Polisi yang ramah dan dekat dengan masyarakat, ” sambungnya. ( Lis )WhatsApp Image 2016-09-06 at 16.20.25 (1)

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. jadwal ppdb sma surabaya
  2. dlan adapter test

Comments are closed.