Forkopimda Hadiri Program Terbaru Polri Lounching Sistem Tilang Elektronik,Pengendara Harus Makin Tertib

Pengendara dan pengguna jalan yang biasa tidak patuh terhadap aturan lalulintas, saat ini harus mulai tertib dan waspada. Pasalnya mulai hari ini, Selasa (23/3/2021), Korlantas Polri telah melaunching E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau sistem tilang elektronik secara serentak, di 12 Polda di Indonesia secara virtual.
.
Menurut penjelasan Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Istiyono program ini salah satunya dengan menempatan kamera di beberapa tempat, yang tersebar di 244 titik lokasi. Di Polda Metro Jaya terdapat 98 titik, Polda Riau 5 titik, Polda Jawa Timur 55 titik, Polda Sulawesi Selatan 16 titik, Polda Jawa Barat 21 titik, Polda Jambi 8 titik, Polda Sumatera Barat 10 titik dan Polda DIY 4 titik.
.
Kemudian, Polda Lampung 5 titik, Polda Sulawesi Utara 11 titik, Polda Banten 1 titik. Sementara di wilayah Polda Jawa Tengah sendiri terdapat 10 titik lokasi. Dalam sambutanya Kapolri Jendral Polisi Listiyo Sigit Prabowo menyampaikan, hari ini adalah hari ke 60 program 100 hari kerja Kapolri, dan E-TLE adalah sebagai salah satu program yang akan dijalankan dan dikembangkan di setiap daerah.
.
Dijelaskan, program E-TLE tersebut merupakan perhatian dari Presiden dimana Polri diminta untuk membangun sistem penegakan hukum dengan memanfaatkan tehnologi informasi. Sehingga ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan prinsip Kamseltibcar lantas, (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas).
.
Dimana situasi dan kondisi penggunaan lalu lintas merasa baik dengan atau tanpa kendaraan dan merasa aman karena terbeban dari rasa ketakutan, tidak adanya ancaman hambatan maupun gangguan kapan saja dan dimana saja. Kedepan Polantas hanya melaksanakan tugas mengurai kemacetan, menolong laka lantas dan melakukan kegiatan yang pada saat itu dibutuhkan lalu lintas.